2 Jenis Korupsi yang Harus Dilawan

2 Jenis Korupsi yang Harus Dilawan
Rian Ernest dalam acara Temu Warga di RW 4, Cakung Barat, Jakarta Timur (18/11)

Nalar PolitikAda 2 jenis korupsi yang terus merajalela di negeri ini. 2 jenis itu masing-masing termotivasi oleh kerakusan dan kebutuhan si pelaku (koruptor). Dan keduanya sama-sama harus dilawan, apa pun risikonya.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Caleg DPR RI Dapil DKI 1 Jakarta Timur Rian Ernest. Dalam acara Temu Warga di salah satu wilayah dapilnya, yakni RW 4, Cakung Barat, Jakarta Timur (18/11), Rian sampaikan itu dengan harapan warga bisa lebih waspada jika sudah mengenal jenis korupsi yang ada.

“Ada korupsi karena rakus dan ada korupsi karena kebutuhan. 2 jenis korupsi ini harus kita waspadai, Bapak-Ibu,” kata Rian.

Politikus PSI inipun menerangkan bagaimana cara melawan jenis-jenis korupsi tersebut. Tidak saja melalui penegakan hukum semata, melainkan pula dengan pelibatan agenda kesejahteraan.

“Harus dilawan. Korupsi karena rakus diberantas dengan cara penegakan hukum. Korupsi karena kebutuhan diperangi tidak hanya dengan penegakan hukum tapi juga dengan upah yang layak,” terang Rian.

Rian yang juga merupakan mantan staf Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) saat menjabat Gubernur DKI Jakarta ini juga menegaskan, semua celah korupsi, apa pun bentuknya, mesti ditutup. Tidak ada ruang yang boleh diberikan bagi pelaku korupsi di negeri ini.

“Yang menyengsarakan rakyat harus kita berantas. Setuju?” tantang Rian disambut hangat para warga.