3 Film yang Membangkitkan Kesadaran Politik

3 Film yang Membangkitkan Kesadaran Politik
Ilustrasi: Megapolitan

Ada banyak film yang bisa kita tonton. Tetapi, tak banyak di antaranya yang benar-benar layak tonton, dalam arti, yang membangun kesadaran politik.

Jika Anda penggemar berat film-film yang “tak biasa”, menghendaki mereka yang bisa membangkitkan kesadaran politik, tidak sekadar menghibur, maka sudah pas kiranya Anda baca ulasan ini. Ada 3 film yang layak Anda simak ulasannya sebelum berlanjut menontonnya secara seksama.

1. The Girl in the Cafè

Film yang di-setting dalam bentuk drama komedi dan cerita cinta ini berangkat dari sebuah pertanyaan politis yang sangat besar: apakah kekuatan-kekuatan dunia benar-benar akan membicarakan persoalan kemiskinan yang belakangan ini mengemuka?

Keunikan film ini terletak pada kepiawaian kemasannya yang tidak hanya mengajukan sebuah tontonan yang menghibur. Film ini sekaligus juga membangun kesadaran tentang pentingnya pilihan-pilihan politis menghadapi pemimpin-pemimpin G8 yang di tahun 2005 akan menyelenggarakan pertemuan di Skotlandia.

Dengan mengambil lokasi di London dan Iceland, The Girl in the Cafè adalah cerita tentang perjalanan Lawrence, seorang birokrat yang bekerja untuk Kanselor Inggris. Cerita bergulir ketika ia bertemu dengan seorang gadis misterius bernama Gina di sebuah cafè.

Setelah beberapa saat, akhirnya Lawrence memberi kesempatan dan mengundang Gina untuk menghabiskan weekend di Reyjavik, di mana ia bekerja untuk konferensi G8. Lawrence membawa sebuah agenda Millenium Goals untuk diusulkan pada konferensi tersebut. Konferensi itu sendiri berjalan alot.

Yang menegangkan adalah ketika Gina menjadi pembicara yang semakin agresif pada konferensi tersebut. Ia menantang bos Lawrence, perwakilan-perwakilan negara lain, dan bahkan Perdana Menteri Inggris agar berbuat lebih banyak untuk mengakhiri kemiskinan dan mengurangi kematian ibu dan anak.

Bos-bos Lawrence akhirnya memperingatkannya bahwa gadis itu bisa menjadi penyebab pekerjaannya hilang. Cerita terus berlanjut sampai akhir.

3 Film yang Membangkitkan Kesadaran Politik

  • Judul: The Girl in the Cafè
  • Director: David Yates
  • Writer: Richard Curtis (screenplay)
  • Release Date: 25 June 2005 (USA)
  • Genre: Comedy/Drama/Romance
  • Penghargaan: Nominated for 2 Golden Globes | Memenangkan 6 penghargaan lainnya dan 6 kali dinominasikan dalam penghargaan lain
  • Pemain: Bill Nighy dan Kelly Macdonald

2. The Kingdom

The Kingdom adalah film dengan isu politik sebagai latar belakangnya. Film ini bercerita tentang bagaimana pergulatan satu tim forensik utusan Amerika Serikat yang ingin menyelesaikan persoalan teroris di Arab Saudi yang mencuat semakin besar pasca ditemukannya ladang-ladang minyak tahun 1930-an di Arab Saudi.

Persoalan mengemuka ketika terjadi ketegangan antara tim forensik AS tersebut dan pasukan Arab Saudi. Ketegangan ini diperparah dengan hadirnya salah satu tim yang adalah perempuan, di mana Arab Saudi menerapkan aturan yang ketat terhadap perempuan untuk beraktivitas di ruang publik.

Film hasil garapan Peter Berg ini dibintangi oleh Jamie Foxx, Jennifer Garner, Jason Bateman, Chris Cooper, Richard Jenkins, Jeremy Piven, dan Ashraf Barhom. Film ini berdurasi 1,50 jam.

3 Film yang Membangkitkan Kesadaran Politik

  • Judul: The Kingdom
  • Director: Peter Berg
  • Release Date: 28 September 2007 (USA)
  • Genre: Action/Drama/Thriller

3. Fast Food Nation

Fast Food Nation adalah fiksionalisasi yang diangkat dari sebuah buku laporan jurnalistik yang dibuat oleh Eric Schlosser dengan judul yang sama “Fast Food Nation.” Film ini menggambarkan konsekuensi dari industri fast food (makanan cepat saji) terhadap kesehatan dan lingkungan secara umum.

Inggris ditengarai sebagai negara Eropa terbesar yang mengonsumsi fast food. Pada saat yang sama, Inggris menjadi negara dengan tingkat obesitas penduduk paling tinggi.

Fast Food Nation menjadi film unggulan pada Festival Film Cannes Mei 2006. Ketika dirilis pada 17 November 2006, ia mencapai angka penjualan $390,000 pada minggu pertama.

Fiksionalisasi film yang membangkitkan kesadaran politik ini menggunakan pendekatan dokumenter. Menggunakan gaya bercerita berdasarkan pandangan orang-orang yang terlibat di dalam industri fast food itu sendiri.

Film ini adalah hasil garapan Richard Linklater. Beberapa artis yang terlibat di dalamnya adalah Greg Kinnear, Catalina Sandino Moreno, Ethan Hawke, Luis Guzman, Patricia Arquette, Kris Kristofferson, Lou Tailor Pucci, Ana Claudia Talancon, Esai Morales, Paul Dano, Wilmer Valderrama, Bruce Willis, dan Avril Lavigne.

3 Film yang Membangkitkan Kesadaran Politik

  • Judul: Fast Food Nation
  • Director: Richard Linklater
  • Writers: Eric Schlosser and Rchard Linklater
  • Release Date:17 November 2006 (USA)
  • Genre: Drama

___________________

Artikel Terkait:

    Saidiman Ahmad

    Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) | Alumnus Crawford School of Public Policy, Australian National University
    Saidiman Ahmad

    Latest posts by Saidiman Ahmad (see all)