Agama Apa pun Tidak Melarang Vaksin

Agama Apa pun Tidak Melarang Vaksin
©Detik

Nalar Politik – Presiden Joko Widodo kembali menegaskan soal pentingnya vaksinasi segera. Saking penting dan mendesaknya, ia bahkan mengklaim bahwa agama apa pun tidak melarang vaksin.

“Bapak, ibu, saudara-saudara yang saya hormati, jika sudah ada kesempatan mendapatkan vaksin, segera ambil. Jangan ada yang menolak. Agama apa pun tidak ada yang melarang vaksin. Ini demi keselamatan kita semua,” kata Jokowi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (24/6).

Bagi pemerintah, vaksin merupakan upaya terbaik yang tersedia saat ini. Tujuan utamanya adalah mencapai kekebalan sebagai respons atas pandemi Covid-19.

“Kita harus mencapai kekebalan komunitas untuk mengatasi pandemi.”

Namun, sebelum mencapai kekebalan tersebut, Jokowi mengimbau agar warga tetap di rumah saja. Jikapun harus beraktivitas di luar, maka tetap disiplin dan menjaga diri, terutama soal kebiasaaan memakai masker.

“Saya minta satu hal yang sederhana ini: tinggallah di rumah jika tidak ada kebutuhan mendesak.”

Pemerintah yakin, dengan langkah-langkah sederhana itu, Indonesia bisa segera menghentikan wabah. Kontribusi semua pihak sangat diharapkan.

“Semua orang harus berperan-serta. Semua orang harus ikut berkontribusi. Tanpa kesatuan itu, kita tak akan mampu menghentikan penyebaran Covid-19.”

Baca juga: