Agar Cuan, Begini Tips Memanfaatkan Info di Pasar Modal

Agar Cuan, Begini Tips Memanfaatkan Info di Pasar Modal
©Finansial Bisnis

Market News Terdapat sejumlah istilah yang harus dipahami oleh para investor atau trader pemula sebelum terjun dan berinvestasi di pasar modal. Jika diimplementasikan secara tepat, kegiatan trading akan membawa keuntungan alias cuan.

Hal tersebut dijelaskan oleh Financial Expert Ajaib, M. Julian Fadli. Menurutnya, yang pertama harus dimanfaatkan adalah info tren volume agar bisa memilih saham-saham yang liquid dan mudah diperjualbelikan, sehingga terhindar dari fenomena “nyangkut” di order book.

Kedua, lanjut Fadli, adalah memanfaatkan informasi untuk melihat tren akan ke arah mana. Hal ini dilakukan untuk bisa mencermati saham-saham yang sedang bullish.

“Informasi juga bisa dimanfaatkan untuk analisis statistik agar bisa tahu kapan bisa cut loss dan evaluasi trading agar rencana bisa terus disesuaikan,” kata Fadli dalam CNBC Indonesia X Ajaib Trader Summit Competition 2021, Kamis (25/11).

Meski begitu, Fadli menyarankan agar trader bersabar dan menahan diri dalam mengolah informasi agar tidak bias dan terburu-buru. Selain itu, juga harus menyesuaikan dengan profil risiko masing-masing dan disiplin agar cuan.

Baca juga:

Di luar informasi, jelas Fadli, para trader juga harus memahami isu makro ekonomi dan isu terkini. Isu-isu inilah yang juga potensial menggerakkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), apalagi saat bulllish.

“Ke depan, makro ekonomi dan Covid-19 yang melandai serta vaksinasi yang makin masif akan terus membawa tren menghijaunya IHSG.”

Walau demikian, Fadli tetap menekankan bahwa tidak semua informasi dan berita menjadi penting bagi pasar modal. Setiap trader atau investor harus mampu memilah.

Misalnya, Fadli mencontohkan, isu tapering yang kini ramai dinilai tidak terlalu berpengaruh terhadap pergerakan pasar modal.