Ahok Satunya-satunya Mantan Napi yang Rakyat Cintai sampai Mentok!

Ahok Satunya-satunya Mantan Napi yang Rakyat Cintai sampai Mentok!
Foto: Kompas

Iya, Ahok, Basuki Tjahaja Purnama. Ia menjadi satu-satunya mantan napi di Indonesia yang rakyat cintai, bahkan sampai mentok!

Ahok memang fenomenal. Di tengah krisis kepercayaan warga terhadap politisi negeri ini, sosok Ahok menjadi pengecualian. Ahok begitu digandrungi, dicintai, didambakan, dielu-elukan, meski statusnya sebagai mantan napi dalam kasus kontroversial.

Seperti ditampilkan Manuel Mawengkang dalam artikelnya, politisi lain, giliran keluar dari penjara, langsung jadi sampah. Sementara Ahok, ketika lepas dari jerat jeruji besi, tetap membuktikan diri layaknya emas.

“Ahok ini adalah sosok emas yang ketika ditaruh di mana pun, pesonanya tidak pudar. Bahkan ketika ia diletakkan dan dihina dan dimaki, jusru menjadikan dirinya makin kuat. Emas itu, kalau dibakar, makin murni. Kalau kampret, dibakar, ya jadi abu,” tulis Manuel.

Terbukti saat Ahok berkesempatan mencoba karyanya, MR Jakarta. Tampak semua orang menggelorakan namanya. Padahal, sekali lagi, statusnya adalah mantan napi, tetapi mampu membuat banyak orang klepek-klepek alias terkesima.

“Ahok ini diteriaki dan disoraki warga dengan antusias. Jeritan-jeritan warga ini membuktikan bahwa Ahok makin murni; Ahok makin bersih; Ahok makin bersinar,” lanjutnya.

Di paragraf lain, “pria tampan dari timur” itu justru berterima kasih pada Rizieq Shihab. Baginya, berkat sang habib yang juga tak kalah fenomenalnya ini, Ahok justru makin bersih di mana, di saat yang sama, Rizieq makin kotor.

“Lihat saja, sekarang nama Rizieq dijadikan alat politisasi dari Dahnil sebagai barang rekonsiliasi.”

Manuel pun membandingkan Vlog Ahok dengan Atta Halilintar. Katanya, dalam beberapa bulan ke depan, pelantun “Asiap” itu akan kalah daya gelegarnya dari Ahok.

“Semua pada senyum ketika melihat (Vlog) Ahok (di MRT Jakarta). Ahok ini mempertontonkan sebuah kegembiraan. Di dalam marah-marahnya, tersimpan niat baik dan tulus. Tidak seperti Anies Baswedan, yang diam-diam malah berikan IMB (pulau reklamasi).”

Kita semua juga bisa melihat bagaimana Ahok, ditemani putranya, Nicholas Sean, mendapat antusiasme warga. Teriakan mereka begitu luar biasa terhadap Ahok.

“Teriakan itu menggema sampai ke atap MRT. Mungkin terdengar di telinga Anies. Anies mungkin termewek-mewek di kolong jembatan yang penuh dengan sampah,” sentil Manuel. [se]