Anies Baswedan Jelaskan Program, DPRD: Semuanya Ngambang

Anies Baswedan Jelaskan Program, DPRD: Semuanya Ngambang
Anies-Sandi (Foto: okezone.com)

Nalar PolitikGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali diminta untuk jelaskan program-program kerjanya secara detail kepada dewan. Pasalnya, DPRD DKI Jakarta, yang sudah bermitra hampir sebulan ini, masih kebingungan.

“Program-program itu harus jelas. Jangan semuanya ngambang,” terang Wakil Ketua Komisi A DPRD DKI, Wiliam Yani, sebagaimana dilansir jppn.com, Sabtu (12/11/2017).

Misalnya, program OK Trip. Yani meminta kepada Anies untuk kembali jelaskan program transportasi umum terintegrasinya itu secara detail. Karena, apa yang selama ini Anies maupun wakilnya Sandiaga Uno gaungkan, hanyalah soal keterjaminan saja, sementara detail terintegrasinya seperti apa masih tetap ngambang.

“Itu (OK Trip) terintegrasinya seperti apa? Apa pakai kartu apa uang cash. Sistem penerapannya bagaimana, check and balance-nya?,” imbuhnya.

Ia pun membandingkannya dengan program Transjakarta di masa kepemimpinan Ahok-Djarot.

“Kami anggota DPRD minta perincian secara jelas. Ketika gubernur lama, kan jelas. Ketika gunakan Transjakarta, kan jelas sistemnya,” tambahnya kembali.

Program lainnya yang juga disebut Yani sangat mengambang adalah program rumah lapis. Pihaknya sama sekali belum paham apa bedanya rumah lapis dengan rumah susun yang sebelumnya jadi program prioritas Pemprov DKI.

“Kalau beda, bedanya di mana? Bangunnya di mana? Diperuntukkan buat siapa dan ditempatkan di mana? Saya yakin kalau ditanya beberapa anggota dewan pun banyak yang belum ngerti. Atau kita tanya langsung ke eksekutif, ngerti gak program itu?” tegas Yani.

Pun demikian dengan program DP Rumah Nol Persen, juga kenaikan dana operasional RT/RW. Kesemuanya, tegas Yani kembali, mesti dijelaskan secara detail, jangan mengambang, sebab ini menyangkut uang rakyat DKI.

___________________

Artikel Terkait:

    Redaksi

    Reporter Nalar Politik
    Redaksi