Asal-Usul Ultra-Nasionalisme Indonesia

Asal-Usul Ultra-Nasionalisme Indonesia
Illiberal Democracy in Indonesia : The Ideology of the Family-State karya David Bourchier.

Nalar Warga Jika Islamisme bersumber dari ajaran salafisme-Wahabi di Timur Tengah, maka ultra-nasionalisme bersumber dari ajaran romantisisme Eropa. Keduanya menekankan kemurnian. Keduanya mengagungkan keaslian.

Kalian yang ingin paham bagaimana ultra-nasionalisme berkembang di Indonesia, bacalah buku ini: Illiberal Democracy in Indonesia : The Ideology of the Family-State karya David Bourchier. Ia melacak asal-usul paham tersebut di Jerman, lalu menyeberang ke Belanda, sebelum akhirnya mendarat di Indonesia.

Dalam proses itu, masuk pula model Jepang selama masa pendudukan mereka yang sebentar. Kesemuanya membentuk kesadaran nasionalisme yang etnosentris, nasionalisme yang merasa bangsanya sendiri paling benar.

Masalahnya adalah perasaan itu kemudian dimanfaatkan oleh para politisi tak becus untuk menghantam lawan-lawanya. Dioplos dengan sentimen agama, seperti terjadi di Indonesia saat ini, perasaan tersebut justru mengakibatkan perpecahan bangsa. Indonesia yang sejak awal sangat beragam, dibagi berdasarkan pribumi dan bukan.

Buku ini juga bisa membantu kita, sekali lagi, untuk memahami mengapa dalam situasi politik sekarang Gerindra dan PKS bisa bergandengan tangan.

*Amin Mudzakkir

___________________

Artikel Terkait:
    Warganet