Baca! Begitu Pesan Najwa Shihab untuk Pemuda Zaman Now

Baca! Begitu Pesan Najwa Shihab untuk Pemuda Zaman Now
Foto: Instagram/najwashihab

Cuma perlu satu buku untuk jatuh cinta pada membaca. Cari buku itu, mari jatuh cinta. ~ Najwa Shihab

Nalar Politik Duta Baca Indonesia 2016-2020, Najwa Shihab, berpesan tegas kepada anak-anak muda Indonesia, yakni pemuda zaman now, untuk senantiasa menggiatkan tradisi literasinya. Sebab membaca, menurutnya, punya keunggulan jauh ketimbang, misalnya, menonton.

“Membaca itu membuat sel-sel di otak kita bekerja sehingga daya pikir manusia meningkat,” ungkap presenter kenamaan yang akrab disapa Nana ini dalam salah satu acara perayaan Hari Sumpah Pemuda.

Tapi, keunggulan tersebut hampir tidak bisa ditangkap oleh generasi muda hari ini. Nana pun tampak kecewa dan menyatakan keheranannya atas kondisi sekarang perkembangan literasi di kalangan anak-anak muda sekarang.

“Anak-anak zaman sekarang itu ya, pada males baca buku,” sesalnya.

Padahal, lanjut Nana, membaca nggak melulu harus dari buku. Bisa dari koran, majalah, komik, digital, dan lain sebagainya.

“Yang penting itu harus ditumbuhkan minat bacanya. Platform membaca kan banyak sekarang,” tambah peraih Panasonic Global Award for Favorite Talkshow Presenter ini kembali.

“Kalau misalnya suka drama Korea, kenapa enggak baca budaya Korea-nya, kupas habis semua informasi tentang Korea itu,” sambungnya.

Selain pentingnya membaca, Nana juga mengajak anak-anak muda sekarang untuk terus mengeksplorasi kemampuan dirinya.

“Eksplorlah diri seluas-luasnya, karena semua anak muda punya kesempatan yang sama,” pungkasnya.

___________________

Artikel Terkait:

    Redaksi

    Reporter Nalar Politik
    Redaksi