Bagikan Sertifikat Tanah di Malang Raya, Jokowi Sentil Amien Rais

Bagikan Sertifikat Tanah di Malang Raya, Jokowi Sentil Amien Rais
Presiden Jokowi kembali serahkan sertifikat tanah sebanyak 5.153 sertifikat (Foto: Biro Pers Setpres)

Nalar PolitikPresiden Jokowi serahkan sertifikat tanah kepada masyarakat Kedungkandang, Malang, Jawa Timur. Penyerahan sertifikat ini dianggap penting supaya tidak ada lagi kecurangan dan laporan mengenai sengketa lahan.

Sertifikat tanah diserahkan kepada masyarakat ‘Malang Raya’ dari Kabupaten Malang, Kota Malang, hingga Kota Baru pada Kamis, 29 Maret 2018.

“Sore hari ini diserahkan 5.153 sertifikat. Coba sertifikatnya diangkat tinggi-tinggi supaya kelihatan semuanya bahwa serftifikat sudah diserahkan dan tidak ada pengibulan,” kata Jokowi bernada sentilan untuk Amien Rais.

“Penyerahan sertifikat ini penting karena banyak laporan sengketa lahan, baik antara masyarakat dengan masyarakat, masyarakat dengan pemerintah, atau masyarakat dengan BUMN,” sambungnya.

Dalam kunjungan kerja ini, Jokowi menjelaskan targetnya untuk menyelesaikan penyerahan sertifikat. Tahun 2018, Jokowi menargetkan sebanyak 7 juta sertifikat. Tahun sebelumnya, baru 5 juta sertifikat. Sedangkan target untuk tahun depan, yakni 9 juta sertifikat yang harus diserahkan kepada masyarakat.

“Dari 126 juta (sertifikat tanah), separuh saja belum ada karena sebelumnya tiap tahun sertifikatnya tidak ada 1 juta yang dibagikan. Kalau nunggu tiap tahun cuma 500-600 (ribu) sertifikat, baru 160 tahun rampungnya,” tandas Jokowi kembali.

Jokowi pun berpesan supaya masyarakat menjaga sertifikat dengan baik, juga berhati-hati menggunakannya untuk agunan ke bank. Jelasnya, bisa dipakai agunan ke bank, namun harus dihitung terlebih dahulu, yang pasti bisa dicicil dan cari yang bunganya murah. Pinjaman ke bank pun harus digunakan untuk modal kerja, usaha, atau investasi. (us)

___________________

Artikel Terkait: