Bikin Video Parodi, Netizen Nilai Politikus Gerindra Rachel Maryam Penipu dan Dungu

Bikin Video Parodi, Netizen Nilai Politikus Gerindra Rachel Maryam Penipu dan Dungu
Politikus Partai Gerindra Rachel Maryam (Foto: Republika)

Nalar PolitikPolitikus Partai Gerindra Rachel Maryam kembali bikin gaduh media sosial. Melalui akun Twitter @Gerindra (26/3/2018), diunggah video parodi tentang mahalnya barang impor.

Video itu pun mendapat respons tak sedikit dari netizen (warganet). Sejumlah di antaranya menilai video tersebut tak hanya menampilkan upaya penipuan alias pembodohan publik, melainkan pula mencitrakan Rachel sebagai politikus yang dungu.

“Politikus yang bilang harga daging mahal karena impor adalah politikus yang terang-terangan sedang melakukan pembodohan publik,” cuit Saidiman Ahmad di akun Twitter-nya.

Padahal, lanjut peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) itu, tujuan barang impor justru berguna untuk menekan harga-harga yang melambung tinggi. Maka, hadirnya konten video Rachel yang bernada sebaliknya, tegas Saidiman, adalah penipuan belaka.

“Semoga para penipu segera punah dari jagat politik negeri ini,” harapnya.

Respons netizen lain datang dari dosen Universitas Indonesia, Ade Armando. Di akun Facebook-nya tertanggal 19 Maret 2018, ia layangkan komentar bahwa parodi tersebut adalah bentuk kedunguan si pembuat.

“Maksud Rachel Maryam sih menyindir Jokowi. Yang tampil parodi dengan kedunguan tingkat dewa. Rachel, sudahlah,” tulisnya.

Rachel sendiri, sebagaimana dilansir Kumparan, menyebut bahwa video parodi itu tidak untuk bikin gaduh. Justru sebaliknya, ia ingin mencairkan suasana dalam negeri yang memang tampil memanas akhir-akhir ini.

“Sebenarnya ini video parodi untuk lucu-lucuan saja. Supaya suasana tidak tegang terus,” ujar Rachel.

Seperti terlihat, konten video parodi itu mengambil latar kondisi masyarakat yang sering mengeluh lantaran harga-harga sembako makin mahal.

“Potret kontradiktif, tapi dikemas ringan untuk lucu-lucuan. Dibawa asyik saja,” pungkas artis yang kini menjabat sebagai anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra.

___________________

Artikel Terkait: