Bisakah Kota Berdaulat atas Pangan?

Bisakah Kota Berdaulat atas Pangan?
Foto: Saidiman Ahmad via Instagram

Gerakan urban farming atau bertani di kota bukan hanya semata respons warga atas langkanya bahan makan di wilayah perkotaan, melainkan sekaligus menjadi upaya mengatasi mahal dan tidak sehatnya pangan warga selama ini.

Nalar WargaSetiap tahun Indonesia mengalami lonjakan harga sejumlah bahan makanan. Secara langsung hal itu berpengaruh pada ekonomi warga karena bahan makanan adalah jenis pengeluaran terbesar.

Kelangkaan atau berkurangnya bahan makanan, salah satunya, terkait dengan pergeseran penduduk dari wilayah pertanian ke perkotaan. Produksi bahan makanan terancam tidak bisa memenuhi kebutuhan warga yang cenderung lebih banyak jadi konsumen di kota.

Selain soal kelangkaan, dampak negatif lain adalah kualitas makanan.

Untuk memenuhi permintaan bahan makanan yang kian melonjak, produksi pangan digenjot dengan cara instan. Pestisida maupun pupuk kimia digunakan secara masif. Akibatnya bukan hanya pada bahan makanan yang mengandung racun, tapi juga mendegradasi kesuburan tanah dalam waktu lama.

Sementara itu, jarak waktu dari petani di desa ke konsumen di kota membuat pangan tidak lagi segar dan mengundang penggunaan bahan pengawet.

Semua itu mengakibatkan makanan yang dikonsumsi warga, terutama yang bermukim di kota, tidak hanya mahal, tapi juga berbahaya bagi kesehatan.

Di pelbagai kota di dunia saat ini sudah muncul gerakan urban farming atau bertani di kota. Taman kecil di halaman rumah, teras, balkon, bahkan garasi dipakai untuk bercocok tanam.

Metodenya bermacam-macam, mulai dari bertani konvensional menanam di tanah, menggunakan pot, aquaphonic, sampai hydrophonic.

Bahkan, dalam sistem aquaphonic, bertanam sayur dikombinasikan dengan pemeliharaan ikan. Kotoran ikan menjadi nutrisi bagi tanaman sayur, sementara serat-serat tanaman menjadi makanan ikan.

Hasilnya dahsyat. Sebagian bahan makanan warga kota tidak lagi didatangkan dari tempat-tempat yang jauh, melainkan diproduksi oleh warga perkotaan itu sendiri. Ketergantungan warga perkotaan pada supply pangan dari desa sedikit demi sedikit terkurangi.

Berikut ini cara sederhana menanam cabe dengan menggunakan pot di lahan sempit. Semoga berguna.

Cara Menanam Cabe di Lahan Sempit untuk Warga Kota

*Saidiman Ahmad

_____________

Baca juga:
Netizen NP
Pengguna media sosial | Warganet