Bitcoin Reversal? Begini Kata Fibonacci Studies

Bitcoin Reversal? Begini Kata Fibonacci Studies
©Trading View

Market News – Ada banyak analis yang menilai bahwa Bitcoin hari ini sedang bergerak dalam tren reversal (perubahan arah atau pembalikan harga). Benarkah?

Untuk membuktikannya, Swing Man akan menggunakan Fibonacci Studies. Ini adalah tolok ukur paling esensial untuk melihat masing-masing wave yang telah dan sedang Bitcoin bentuk.

Memang, setelah terjun bertubi-tubi sejak 9 November 2021, tren Bitcoin mulai terlihat menanjak pada 23 Januari 2022. Lahirnya higher low di wave 2 dan higher high yang sekarang sedang akan terbentuk di wave 3 bisa menjadi penguat awal.

Tanda-tanda itu pun sebenarnya sudah mulai muncul ketika pergerakan harga membentuk wave C. Menurut Fibonacci Studies, dalam hal ini Fibonacci Extension, wave C tidak mampu mencapai level 100% berdasar pergerakan harga sebelumnya (dari wave A ke B). Paling banter hanya level 78.6%.

Ingat! Level 23.6% dan 78.6% (atau 76.4%) tidak begitu signifikan!

Maka bukan sesuatu yang aneh ketika wave 2 terbentuk, yang sekaligus merupakan higher low pertama di tubuh Bictcoin. Demikian halnya ketika harga di 4 Februari 2022 mampu break out dari wave 1 dan sedang berusaha membentuk wave 3.

Lagi pula, wave 2 yang merupakan higher low itu berada di kisaran level 61.8%. Hal ini memang turut menjadi penanda awal akan terjadinya reversal pada Bitcoin.

Ingat! Fibonacci Retracement 38.2% dan 61.8% adalah level-level yang biasanya paling signifikan!

Baca juga:

Tetapi, secara teori, arah tren baru bisa kita anggap berubah kalau ia sudah dua kali membuat higher low. Dalam hal ini di Bitcoin, itu bisa kita tandai dari setelah terbentuknya wave 4 secara sempurna di mana wave 3 harus mencapai Fibonacci Extension 121.4% berdasar pergerakan harga sebelumnya (dari wave 1 ke 2).

Ingat! Fib Retrace 38.2 memproyeksikan Fib Ext 161.8; 50 memproyeksikan 138.2; dan 61.8 memproyeksikan 121.4.

Selama itu belum tercapai, kemungkinan terburuk harus selalu Anda waspadai.

Terlebih, pergerakan harga yang sekarang di wave 3 belum mampu menembus level 100%, alih-alih break out dari resistance klasiknya (horizontal line). Kotak berwarna ungu itu pun merupakan area konsolidasi yang sangat kuat!

Swing Man