Blusukan ala Jokowi, Rian Ernest: Biar Warga Tak Cuma Kenal Tembok

Blusukan ala Jokowi, Rian Ernest Biar Warga Tak Cuma Kenal Tembok
Foto: Blusukan Rian Ernest

Nalar PolitikCaleg PSI untuk DPR RI Dapil DKI Jakarta I Rian Ernest selalu menyempatkan diri melakukan blusukan ala Jokowi ke warga-warga. Di daerah pemilihannya, Jakarta Timur, Rian setidaknya turun sebanyak 5 kali dalam 1 minggu.

Mengapa blusukan? Bagi mantan staf Ahok ini, kalau orang ingin jadi caleg, ingin masuk ke DPR di Senayan tapi kerjanya cuma tempel-tempel spanduk, stiker, baliho, dan lan sebagainya, itu sama saja bohong.

“Cuma tempel-tempel spanduk, itu mah omong kosong. Politisinya gak kenal warga, warganya pun cuma kenal tembok doang,” terang Rian kepada warga saat blusukan di Kelurahan Baru, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, Rabu (1/8).

“Ya, cuma kenalan tembok. Misalnya saya caleg, tapi gak pernah turun, kan (warga) kenalnya cuma tembok,” sambungnya.

Meski kebanyakan warga tampak antusias, tetapi tak sedikit pula yang mengkritik blusukan Rian sebagai bentuk kampanye terselubung.

“Apakah ini bukan bentuk kampanye? Memangnya sudah boleh?” tanya seorang warga.

Tetapi Rian sadar, hari ini bukanlah masa kampanye. Itu sebabnya ia selalu menegaskan ke warga bahwa dirinya belum akan bicara visi-misi dan program kerja. Bahwa Rian sekadar ingin berkenalan dengan warga-warga saja sembari memberi kartu nama berisi nomor kontak pribadinya.

“Yang saya lakukan, bapak-ibu, ya cuma jalan-jalan. Kenalan sama warga, habis itu saya kasih kartu nama biar bisa silaturahmi lebih lanjut. Makanya saya jalan, blusukan ala Jokowi,” jawab Rian.

Ketika warga bertanya apa daya tawar Rian ke calon pemilihnya, lagi-lagi Rian hanya menegaskan bahwa dirinya anti dengan tindakan bagi-bagi seperti itu.

“Kalau kita bicara politik yang dulu-dulu, kasih-kasih sembako, saya gak ada duitnya. Minjam? Setelah terpilih, pasti pengennya balikin modalnya. Caranya? Korupsi. Makanya saya modal kartu nama saja,” terang Rian kembali.

“Karena saya anti politik uang, anti bagi-bagi yang aneh-aneh, makanya saya sendiri yang turun. Biar warga juga enak, silaturahmi juga bisa terjaga,” tambahnya.

Selain bertatap muka langsung dengan warga, blusukan ala Jokowi ini juga Rian jadikan sebagai ajang mencari ilmu.

“Apa pun aspirasinya, kasih tahu saja. Biar saya juga nambah ilmu, tahu apa yang nanti bisa saya lakukan ketika terpilih.”

*Tonton video blusukan Rian Ernest selengkapnya di bawah ini:

Blusukan ala Jokowi by Rian Ernest dkk

_____________

Baca juga: