Cara Menjaga Kesehatan Situs Web di WordPress

Cara Menjaga Kesehatan Situs Web di WordPress
©NP

Teknologi – Bagi pengguna WordPress, menjaga status kesehatan situs web adalah hal yang vital. Anda tentu tidak mau jika situs web yang Anda kelola harus mengalami eror hanya karena kesalahan kecil pada konfigurasi WordPress.

Status kesehatan situs web merupakan ukuran berhasil-tidaknya Anda melakukan semua konfigurasi di WordPress tanpa cacat. Untuk mengeceknya, Anda harus login terlebih dahulu sebagai admin; masuk ke Dasbor, lalu klik Kesehatan Situs di bagian Peralatan. Di sini Anda akan melihat kolom Status dan Info.

Meski Info menunjukkan setiap detail tentang konfigurasi situs web WordPress, Anda cukup fokus saja ke Status. Laman ini memuat informasi penting tentang konfigurasi WordPress dan aspek-aspek yang perlu Anda perhatikan, yang secara umum terbagi dalam tiga kategori utama: Performa, Keamanan, dan SEO (search engine optimization atau optimasi mesin pencari).

Untuk mendapatkan Performa terbaik, hal pertama yang harus Anda pastikan adalah penggunaan versi WordPress terbaru. Meski umumnya akan diatur secara otomatis ketika Anda memasang WordPress versi terbaru, unsur-unsur pendulang Performa berikut ini tetap harus Anda perhatian:

  1. Situs web menjalankan PHP versi terbaru
  2. Modul wajib dan direkomendasikan terpasang
  3. Zona waktu asal PHP valid
  4. Tak terdeteksi sesi PHP
  5. Servel SQL sudah terbaru
  6. Mendukung UTF8MB4
  7. Permintaan HTTP berfungsi seperti yang diharapkan
  8. Tersedia REST API
  9. Berkas dapat diunggah

Selanjutnya adalah Keamanan. Di bagian ini, Anda wajib memperbarui semua plugin yang Anda pasang. Tema yang Anda gunakan pun harus terbaru, termasuk apakah situs web Anda dapat berkomunikasi secara aman dengan layanan lain atau tidak, terutama dengan WordPress.org.

Hal lainnya adalah, pastikan pengaturan situs web Anda tidak menampilkan debug, pembaruan otomatis plugin dan tema dikonfigurasikan dengan benar, 301 SSL redirect aktif, recommended security headers terinstal, pembaruan tertutup berfungsi normal, dan Header Otorisasi berjalan dengan baik.

Setelah hal-hal tersebut sudah Anda terapkan, kini Anda masuk ke sesi terakhir, yakni konfigurasi SEO. Unsur-unsur pendulangnya berikut ini wajib Anda perhatikan dan—jika perlu—perbaiki sesuai saran yang ada.

  1. Menampilkan komentar-komentar pada satu halaman
  2. Mesin pencari dapat menemukan situs web Anda
  3. Anda telah mengubah slogan bawaan WordPress
  4. Struktur permalink Anda memuat nama artikel
  5. Penghitung tautan teks dapat bekerja normal
Halaman selanjutnya >>>