Chikan!

Seorang wanita paruh baya di ujung selasar ikut berteriak, “Hittakuriiiii!!!”

Bajingan itu panik, berbalik dan lari menuju pintu keluar. Chiyo mendengar beberapa orang ikut berteriak-teriak, suasana gaduh. Suara sepatu orang-orang menapaki lantai di lorong-lorong, sepatu-sepatu berlarian menuruni tangga, sepatu-sepatu berlarian ke sana kemari.

Bragg!!! Terdengar suara keras seperti seseorang terbanting ke lantai. Diikuti suara laki-laki yang lantang dan berwibawa, “KAKUHO!!” Suaranya bergaung dipantulkan dinding-dinding lorong stasiun subway. Bajingan itu tertangkap.

Selang beberapa jam.

“Laki-laki itu melecehkan Anda di supermarket. Kami sudah melihat rekamannya tertangkap jelas di CCTV. Tapi mengapa Anda meneriakinya Jambret?” polisi pemilik suara lantang itu bertanya. Seorang polisi lain di sudut ruangan mengetikkan kata-katanya di laptop.

“Saya meneriakinya Bajingan seminggu lalu. Anda bisa mendapatkan rekaman CCTV-nya besok atau lusa jika Anda mau. Tapi hari itu tidak ada yang mendengar teriakan saya.”

“Oh, bukan tidak mendengar, tapi tidak peduli. Mungkin mereka tidak melihat bajingan itu merampas apa pun dari saya. Mungkin mereka tak pernah terpikir kalau Bajingan itu bisa saja meremas bokong ibu-ibu mereka, istri atau anak-anak perempuan mereka dengan kurang ajarnya.

“Tapi ketika mereka tahu Bajingan itu merampas dompet saya, mereka bergerak mengejarnya. Mungkin mereka takut jika bajingan itu tak tertangkap, besok atau lusa dompet-dompet mereka yang akan terjambret!”.

Chiyo terus mengoceh. Polisi di ujung ruangan makin cepat mengetik, sampai-sampai mulutnya ikut berkomat-komit mengulangi setiap ocehan Chiyo.

Chiyo seakan melihat Mine-san berdiri di belakang polisi itu, dengan senyum dan lesung pipitnya yang dalam, “Chiyo-chan, yoku yatta! Good Job!”

_________________________________________________________

  • chikan: orang yang melakukan pelecehan seksual di tempat umum
  • hittakuri: penjambret
  • irasshaimase!: selamat datang (diucapkan pelayan toko/restoran kepada pelanggan)
  • kakuho!: tertangkap!
Nyai Hasanah
Latest posts by Nyai Hasanah (see all)