Ciri Capres Pilihan Pengusaha Indonesia di Pilpres 2024

Ciri Capres Pilihan Pengusaha Indonesia di Pilpres 2024
©CNBC Indonesia

Ciri Capres Pilihan Pengusaha Indonesia di Pilpres 2024

Para pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) memiliki ciri capres yang akan dipilih di Pilpres 2024.

Sebagaimana disampaikan Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pengembangan Otonomi Daerah, Sarman Simanjorang, para pengusaha Indonesia sangat rasional. Karena itu, capres pilihan pengusaha bakal bergantung dari penyampaian visi misi para kandidat.

“Yang jelas pengusaha sangat membutuhkan kesinambungan, kemudian juga keberlanjutan, dan kepastian kebijakan dan masalah hukum dalam hal ini,” jelas Sarman melalui keterangan resmi, Senin (18/12), dilansir dari CNN Indonesia.

Sarman pun mengatakan para pengusaha sangat menantikan debat jilid dua yang bakal dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 22 Desember 2023 mendatang.

Debat akan diikuti oleh tiga cawapres, yaitu dari nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka, dan nomor urut 3 Mahfud MD.

Adapun tema yang akan dibahas meliputi Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN/APBD, Infrastruktur, dan perkotaan.

Sarman menilai tema yang diangkat dalam debat jilid dua sangat penting. Apalagi isu-isu yang diusung sangat berkelindan dengan dunia usaha.

Baca juga:

Ia juga menyampaikan saat ini ada berbagai tantangan dan isu dunia usaha yang harus dijawab para capres-cawapres.

Isu itu seperti kesinambungan program hilirisasi, kepastian dan kemudahan izin usaha, hingga komitmen kesinambungan regulasi yang saat ini berjalan.

Sarman juga mengingatkan capres-cawapres soal tantangan biaya logistik yang masih mahal, ketenagakerjaan, dan keberlanjutan industri.

“Kami berharap nanti bahwa para capres cawapres ini mampu menyampaikan kepada kita pelaku usaha bagaimana menjawab tantangan kekinian ekonomi kita pada saat ini, jangka menengah, maupun jangka panjang,” pungkasnya.