Di Mana Para Kampret ketika Jokowers Terbelah?

Kampret vs Jokowers
©CNN Indonesia

Nalar Politik – Peneliti SMRC Saidiman Ahmad mempertanyakan keberadaan pendukung Prabowo. Ketika Jokowers tampil terbelah menghadapi isu nasional seperti revisi UU KPK dan KUHP, mereka yang kerap dilabeli sebagai kampret itu tidak muncul.

Disebutkan Saidiman bahwa yang menolak dan mendukung revisi UU KPK adalah para pendukung Jokowi. Pun yang meminta pasal-pasal bermasalah dalam RKUHP dicabut umumnya adalah Jokowers juga.

“Mengapa pendukung Jokowi terbelah dalam sejumlah isu? Karena mereka rasional. Lalu di mana pendukung Prabowo? Entah,” ujar Saidiman melalui keterangan tertulisnya, Kamis (26/9).

Mengingat dominannya pendukung Jokowi daripada kampret dalam demonstrasi besar-besaran ini, Saidiman, yang juga turut bersuara dari segala lini, lewat tulisan dan beraksi di jalanan, menilai tidak tepat jika aksi tersebut dipandang sebagai upaya menggulingkan presiden.

“Saya kira tidak tepat.”

Walau disadari ada yang belakangan datang sebagai penumpang gelap, menurutnya, jumlah dan argumen mereka sangat tidak siginifikan. Upaya oposisi tidak mampu mengalihkan kehendak demonstran secara umum.

“Tenggelam dalam gelombang suara pendukung kebebasan sipil.” [tw]

Baca juga: