Disertasi Seks UIN Bongkar Kepura-puraan

Disertasi Seks UIN Bongkar Kepura-puraan
©Intisari

Nalar Politik – Peneliti LIPI Amin Mudzakkir menyebut disertasi seks di luar nikah mahasiswa S3 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Abdul Aziz, berhasil membongkar kepura-puraan.

“Disertasi ini, menurut saya, membongkar kepura-puraan masyarakat kita mengenai seksualitas,” kata Amin, Rabu (4/9).

Setelah membaca kesimpulan karya ilmiah untuk Program Doktor Studi Islam tersebut, Amin menemukan isi yang keren dan berani.

“Saya kira penullisnya sudah melakukan penelitian yang sungguh-sungguh. Kenyataannya, dia berhasil membela hasil penelitiannya di hadapan para penguji yang hebat-hebat.”

Berbeda dengan sangkaan orang-orang, Amin menilai Aziz telah melakukan tinjauan kritis atas pemikiran Muhammad Syahrur.

“Dia menyadari limitasi dan problematika konsep milk al yamin Syahrur jika diterapkan sekarang, termasuk dari sudut pandang keadilan gender.”

Sebagai orang yang juga tengah mengerjakan disertasi, Amin mengaku sedih mendengar penulisnya dipersekusi, termasuk melalui media sosial.

“Perjuangan bertahun-tahun membaca dan menulis karya ilmiah divonis oleh komentar-komentar singkat sok tahu yang memalukan. Ironisnya, sejumlah akademisi ikut-ikutan.”

Padahal kenyataan sekarang, menurut Amin, praktik seks di luar nikah merupakan fenomena umum di tengah masyarakat.

“Disertasi Abdul Aziz tersebut justru mau menghadirkan wacana hukum Islam, agar tetap relevan untuk merespons secara tepat praktik tersebut.” [fb]

Baca juga: