Diskusi Forum Libertarian Yogyakarta: Manifesto Kebebasan

Diskusi Forum Libertarian Yogyakarta: Manifesto Kebebasan
Pamflet

Nalar PolitikForum Libertarian Yogyakarta (FLY), dalam waktu dekat ini, akan menyelenggarakan diskusi bertajuk Manifesto Kebebasan: Penguatan Demokrasi dan Kesejahteraan Masyarakat. Diskusi akan berlangsung pada Minggu, 25 Maret 2018, bertempat di Kafe Basabasi, Yogyakarta, pukul 14.00 WIB – selesai.

“Ini merupakan diskusi perdana kami, sekaligus momentum awal memperkenalkan Forum Libertarian Yogyakarta secara publik sebagai wadah individu-individu yang meyakini kebebasan adalah nilai utama dalam kehidupan sosial, politik, dan ekonomi,” terang Koordinator FLY, Maman Suratman.

FLY sendiri merupakan bagian dari Forum Libertarian tingkat regional/lokal yang digagas oleh Institut Demokrasi dan Kesejahteraan Sosial (Indeks). Concern utamanya adalah mendiskusikan berbagai gagasan dalam filsafat libertarianisme dan relevansinya dengan konsolidasi demokrasi serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Sebagai tahap awal, gagasan itu akan kami mulai dari tataran perspektif. Ke depan, upaya ini akan berlanjut ke tingkat implementasi dalam kehidupan sosial serta kebijakan di Indonesia,” tambahnya.

Arah Diskusi Forum Libertarian Yogyakarta

Bekerja sama dengan Lembaga Kajian Filsafat Sosial (LeKFiS), Institut Demokrasi dan Kesejahteraan Sosial (Indeks), serta Nalar Politik, agenda diskusi akan menghadirkan Nanang Sunandar, Direktur Indeks, selaku pembicara. Sementara Koordinator FLY, Maman Suratman, akan menjadi pemandu (moderator) jalannya diskusi.

“Ada tiga kunci utama yang akan kami bahas di forum ini, di antaranya liberty, democracy, dan prosperity. Ini semacam proposal libertarian untuk penguatan demokrasi dan kesejahteraan masyarakat ke depan,” jelas Nanang dalam keterangan tertulisnya kepada Nalar Politik.

Sebagaimana misi Indeks sendiri, forum ini diharapkan dapat mendorong terwujudnya kesejahteraan masyarakat dalam kerangka politik, ekonomi, dan budaya yang demokratis. Titik pijaknya berada pada nilai-nilai kebebasan, kesetaraan, dan solidaritas.

“Untuk itu, bahasan utama yang nanti akan kami diskusikan adalah hubungan antara kebebasan dengan demokrasi, serta hubungan kebebasan dengan kesejahteraan. Ini penting untuk melihat sejauh mana gagasan kebebasan (libertarianisme) menjadi nafas gerak agenda demokrasi dan kesejahteraan, khususnya di Indonesia,” pungkas Nanang.

Bagi yang ingin hadir dalam diskusi Forum Libertarian Yogyakarta ini, cukup konfirmasi saja ke 085229198163. Ingat, cantumkan nama serta asal.

Dan yang terpenting, ikuti diskusi FLY ini dari awal hingga akhir. Sebab akan ada hadiah khusus bagi peserta berupa 2 buah buku: For a New Liberty dan The Libertarian Mind.

Diskusi Forum Libertarian Yogyakarta: Manifesto Kebebasan
Logo Forum Libertarian
    Redaksi
    Latest posts by Redaksi (see all)