EURUSD Chart Pattern: Potensial Terbang

EURUSD Chart Pattern: Potensial Terbang
©Trading View

Market News – Menghadapi chart pattern dari EURUSD seperti ini, yang pertama harus Anda tanamkan di benak adalah “potensial terbang”. Dengan demikian, BUY adalah aksi satu-satunya.

Ada dua hal yang mendasari kenapa pair Euro terhadap US Dollar di Forex ini potensial terbang. Pertama, wave terakhirnya terpantul tepat di zona Fibonacci Retracement 1.272. Kedua, titik berangkatnya bermula dari candlestick pattern bernama Morning Star.

Anda harus tahu, pergerakan wave seperti itu adalah ciri dasar Double Bottoms. Ini sering menandai akhir sebuah downtrend dan kemungkinan awal untuk uptrend.

Seperti halnya pada Double Tops, pola ini juga berkemungkinan besar akan membuat bottom ketiga. Jika ini terjadi, Triple Bottoms akan lahir—ingat: selama support terdekat tidak ditembus!

Jangan lupa juga bahwa Morning Star yang jadi titik berangkatnya itu turut menguatkan. Candlestick pattern ini adalah ciri kelemahan downtrend yang berpotensi menciptakan pembalikan.

Nah, gabungan antara wave dan candlestick itulah yang menandakan bahwa bullish trend akan dan sedang terjadi di EURUSD. Entry signal dan price projection bisa Anda tentukan berdasar pola double ataupun triple bottoms seperti berikut:

Entry Signal

Masuklah ketika harga benar-benar breakout dari trendline biru terdekat (spekulatif). Tambah muatan jika trendline merah selanjutnya di 1.14840 turut tertembus (kekuatan penuh).

Price Projection

Take profit yang ideal adalah 1.18597. Proyeksi harga ini berasal dari ukuran wave terakhir, yakni dari resistance ke support terdekat.

Jika support ternyata ditembus dengan volume yang sangat kuat, sebaiknya Anda berhati-hati. Titik ini juga bisa Anda gunakan sebagai area stop loss paling realistis.

“Think smart and change your life!” kata TF.

Baca juga:
Swing Man