Filsafat dan Ateisme

Filsafat dan Ateisme
©Pixabay

Saya sampai sekarang masih suka heran, kok masih ada ya yang suka mengaitkan filsafat dan ateisme? Katanya, filsafat membuat orang tidak percaya agama lagi-lah; ada yang mengatakan filsafat membuat pikiran menjadi liberal; dan masih banyak lagi serangan berupa ejekan-ejakan terhadap filsafat.

Saya jadi penasaran dengan orang-orang yang kerap sekali menyerang filsafat. Sejauh mana sih mereka mengenal filsafat? Atau jangan-jangan mereka tidak kenal filsafat sekali? Tahu filsafat hanya dari bisikan-bisikan orang, itu pun tidak jelas sumbernya.

Dari definisinya saja, filsafat dan ateisme sudah sangat berbeda. Filsafat berasal dari bahasa Yunani, yaitu philosophy yang artinya cinta kebijaksanaan. Sedangkan ateisme tidak percaya atau mengakui keberadaan Tuhan. Jadi filsafat mengulas tentang keilmuan, sedangkan ateisme soal kepercayaan.

Walaupun saya bukan orang yang berlatar belakang dari fakultas filsafat, namun saya mau mempelajari dan mendiskusikan kajian filsafat dengan teman-teman saya. Sehingga pemahaman saya terhadap filsafat tidak terlalu dangkal.

Selama saya mempelajari filsafat juga tidak membuat saya menjadi ateis. Justru dengan filsafatlah statistik pemahaman dan kepercayaan saya terhadap agama makin meningkat. Karena filsafat selalu berbicara tentang seni dalam berpikir. Hal itu tentunya sangat cocok dengan apa yang telah dijelaskan dalam kita suci agama saya, yaitu Alurqan bahwa manusia diperintahkan untuk menggunakan akalnya dalam setiap langkah gerak-geriknya.

Bagaimanapun, akallah yang membedakan antara manusia dengan hewan. Walaupun manusia dengan hewan merupakan sama-sama mahluk ciptaan-Nya, namun manusia diberi keistimewaan tersendiri, yaitu akal. Dengan akallah manusia bisa memahami sesuatu yang dapat dilihat, gaib, diraba, dan lain sebagainya.

Teruslah untuk mempelajari filsafat, dan bergeraklah dengan nalar yang sehat. Karena dengan kedua hal tersebut, diri kita akan selamat.

Baca juga:
Muchammad Mugiono
Latest posts by Muchammad Mugiono (see all)