Gabung Kabinet Indonesia Kerja, Gerindra Siap Kawal Ekonomi Pembangunan

Gabung Kabinet Indonesia Kerja, Gerindra Siap Kawal Ekonomi Pembangunan
Foto: Jawa Pos

Pucuk demi pucuk pimpinan partai koalisi terus disambangi Prabowo. Apakah ini pertanda Gerindra siap gabung ke Kabinet Indonesia Kerja?

Nalar PolitikTerlepas akan berkoalisi atau tetap menjadi oposisi, Partai Gerindra tetap akan berkontribusi bagi pembangunan bangsa. Hal tersebut ditegaskan Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak.

Jika nanti memilih berkoalisi di Kabinet Indonesia Kerja, Dahnil meyakinkan bahwa Gerindra akan mengawasi jalannya pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin. Pihaknya akan memantau setiap upaya pembangunan, terutama di bidang ekonomi.

“Yang jelas, komitmen Pak Prabowo memastikan, misalnya kalau beliau berada di dalam pemerintahan, pemerintah harus konsisten pada ekonomi pembangunan. (Sejalan dengan) ideologi konstitusi kita, yaitu Pasal 33,” ujar Dahnil.

Ketika memilih tetap menjadi oposisi, tentu check and balance tidak akan mereka abaikan.

“Ya kuncinya, kan, gitu? Yang di luar juga berkontribusi, yang di dalam juga berkontribusi,” tambahnya.

Pernyataan Dahnil di atas merupakan respons atas pertemuan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketua Umum PPP Suharso Monorfa. Mereka bertemu di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, hari ini, Kamis (15/8).

Banyak pihak menduga, pertemuan tersebut merupakan langkah Gerindra masuk ke Kabinet Indonesia Kerja. Apalagi sebelumnya Prabowo menggelar pertemuan serupa dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Pada prinsipnya, sampai detik ini, Pak Prabowo belum membuat keputusan final, apakah akan bergabung dengan pemerintah atau berada di luar pemerintahan. Prinsip Pak Prabowo hanya satu, memberikan kontribusi bagi kemajuan Indonesia. Nah, itu bisa (dilakukan) di dalam pemerintahan atau di luar,” pungkas Dahnil. [it]

Share!