Gegara Disertasi, Wakil Ketua DPR Desak Jokowi Copot Rektor UIN Jogja

Gegara Disertasi, Wakil Ketua DPR Desak Jokowi Copot Rektor UIN Jogja
Rektor UIN Jogja, Yudian Wahyudi

Nalar Politik – Disertasi Konsep Milk Al Yamin Muhammad Syahrur sebagai Keabsahan Hubungan Seksual Nonmarital viral dan kontroversial. Gegara itu, Wakil Ketua Komisi Agama DPR RI, Sodik Mudjahid, pun mendesak Presiden Jokowi agar mencopot Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Menurutnya, lolosnya disertasi Abdul Aziz tersebut jadi bukti kegagalan UIN Jogja memahami dinamika dan kekhawatiran masyarakat. Ia menilai kampus islam ini malah menambah maraknya praktik seks bebas di Indonesia dengan meluluskannya.

“Jika rektor, direktur pascasarjana, dan promotor cerdas dan peka, UIN Jogja harusnya melakukan kegiatan ilmiah untuk mencegah budaya seks bebas. Menghapuskan kekhawatiran orang tua dan masyarakat,” ujar anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra ini.

Sebagaimana dilansir Tempo, kegagalan pimpinan UIN Jogja ini dinilai sama bahayanya dengan ketidakbecusan memahami radikalisme. Paham ini memang dicurigai tengah berkembang di dunia kampus dan di komunitas-komunitas lainnya.

Karena itulah, pinta Sodik, Presiden Jokowi harus mencopot segera jajaran pimpinan, dalam ini Direktur Pascasarjana dan Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

“Atas dasar kegagalan tersebut, maka Presiden melalui Menteri Agama diminta mencopot dan menggantinya dengan guru besar,” pungkas Sodik.

Terkait guru besar sebagai pengganti, Sodik mengingatkan bahwa sosok itu nantinya harus kredibel dari sisi akademis. Dan yang terpenting, ia punya kepekaan sosial dan komitmen yang tinggi terhadap Pancasila dan moral bangsa. [te]

Baca juga: