Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar Diduga Terlibat Korupsi Bersama Staf Ahlinya

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar Diduga Terlibat Korupsi Bersama Staf Ahlinya
Ilustrasi: Suara Pilar Demokrasi

Nalar PolitikKabar mengejutkan datang dari daerah Sulawesi Barat (Sulbar). Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar (ABM), diduga terlibat korupsi bersama staf ahlinya berinisial AM.

Dalam investigasi Mamuju Pos (17/3/2018), disebutkan bahwa AM yang merupakan orang dekat Gubernur Sulbar itu diduga ikut terlibat korupsi bagi-bagi proyek miliaran rupiah di Pemprov Sulbar. Proyek irigasi Bantalaka Pasangkayu senilai 4,9 miliar di mana anggaran tersebut bersumber dari dana DAK 2018, disinyalir dimainkan AM, yang bahkan telah diatur sebelum dimenangkan.

“Investigasi media ini (Mamuju Pos) menduga AM disuruh oleh orang nomor satu di Sulbar ini. Namun, informasi lain menyebutkan nama Gubernur Sulbar dicatut,” tulis redaksi Mamuju Pos.

Informasi awal tersebut kemudian ditelusuri lebih jauh. Pihaknya mencoba mengonfirmasi itu langsung kepada Gubernur Sulbar via WhatsApp, namun tak terbalas. Ia juga mengonfirmasi perihal itu ke AM sendiri, dan hasilnya sama.

Infomasi lain datang dari Arman, aktivis Gerakan Rakyat Anti Korupsi (Gerak) Sulbar. Ia menyebut bahwa bukan hanya AM yang terlibat di balik dugaan korupsi itu, melainkan pula Bendahara Gerindra (RD).

RD diduga melakukan bagi-bagi proyek ke kontraktor. Bahkan, RD-lah yang mengambil sendiri DPA SKPD untuk data proyek yang akan dibagi-bagi itu.

Karenanya, ia pun mendesak Kejati dan Polda Sulbar untuk mengusut tuntas kasus dugaan korupsi ini. Arman berharap nama-nama yang terduga di dalamnya segera diperiksa.

“Ini tidak bisa dibiarkan,” tandasnya.

___________________

Artikel Terkait: