Gubernur Sulbar Tak Hafal Pancasila, Netizen: Bikin Malu

Gubernur Sulbar Tak Hafal Pancasila, Netizen: Bikin Malu
Gubernur dan Wakil Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar dan Enny Anggraeni Anwar (Foto: Facebook)

Nalar PolitikGubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar, terlihat tak hafal Pancasila. Ia tampak kacau menyebut urutan sila-sila dalam Pancasila dengan baik dan benar. Hal tersebut terekam dalam video yang kurang lebih berdurasi 40 detik yang kini viral hebat di kalangan netizen.

Setelah ditelusuri, peristiwa memalukan ini ternyata terjadi saat ABM (Ali Baal Masdar) berlaku sebagai Inspektur Upacara di Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Kantor Gubernur Sulawesi Barat, Rangas, Simboro, Mamuju, Senin (30/10/2017). Saat itu, ia awalnya tampil khidmat membacakan sila pertama.

“Satu, Ketuhanan Yang Maha Esa,” lantang ABM yang kemudian diikuti secara serentak oleh para hadirin.

Tapi, ketika berlanjut membacakan sila kedua, hal yang memalukan itu pun terjadi. Mantan Bupati Polewali Mandar ini benar-benar terlihat tidak menghafal betul urutan sila dalam ideologi negaranya sendiri.

“Dua, Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia,” ujar ABM.

Terang saja, para hadirin tentu tak mengikuti sang inspektur sebagaimana di sila pertama sebelumnya. Mereka tetap membacakan sila kedua Pancasila yang benar, yakni “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab”, bukan sila kelima yang diserukan oleh ABM.

Mendengar itu, Gubernur Sulbar langsung menyadari dan mengulangi kembali bacaan sila keduanya. Sementara sang ajudan yang di sampingnya, yang membawakan map berisi teks Pancasila, tampak berubah raut wajahnya dan terlihat sangat pucat.

Meski tetap berlangsung hingga selesai, video rekaman Gubernu Sulbar tak hafal Pancasila ini menjadi buah bibir di kalangan netizen. Tak sedikit yang menyatakan rasa malu karena ulah sang Gubernur yang tidak menghafal Pancasila dengan baik dan benar.

“Beliau yang satu itu (ABM) bikin kami malu di perantauan. Setelah mau melestarikan matahari, sila Pancasila pun diacak,” sesal Ketua Ikama Sulbar Yogyakarta, Hairil Amri, via status Facebook-nya.

“Sudah ada teksnya, lho. Sisa dibaca, lho. Masih juga salah. Dia yang berbuat, saya yang malu. Hadeuh..,” timpal salah seorang mahasiswa rantau lainnya, Ghiry Pranata.

Bahkan, seorang netizen lainnya merasa bahwa ABM mungkin saja kekurangan cairan (kurang minum), hingga tidak berkonsentrasi dengan baik saat memimpin upacara.

“Butuh aqua-kah, Pak Gub? Atau memang tidak hafal urutan sila 1 sampai 5?” sindir netizen Sulbar yang lain, Didhi Manakarra.

___________________

Artikel Terkait: