Hampir 1 Tahun, Gaji Guru di Sulbar Tak Dibayar

Hampir 1 Tahun, Gaji Guru di Sulbar Tak Dibayar
Seruan Aksi Solidaritas Ikama Sulbar Yogyakarta

Polemik Guru dan Pegawai Tidak Tetap (GTT & PTT) di Provinsi Sulawesi Barat masih berkecamuk. Sudah hampir setahun gaji guru dan beberapa pegawai tidak tetap di daerah ini tak dibayarkan, terhitung sejak Januari 2018 sampai sekarang.

Selain itu, Peraturan Gubernur tentang mekanisme penggajian juga bermasalah. Terangkum dalam Bantuan Operasional Manajemen Mutu Pendidikan dari Daerah (BOMMDA), jumlah gaji yang diangkakan Pemprov Sulbar sama sekali tidak memadai, hanya Rp600 ribu per kepala secara triwulan.

Beberapa bulan lalu, bersama Aliansi Gerakan Cinta Guru Sulawesi Barat, Ikama Sulbar Yogyakarta sudah menggelar aksi unjuk rasa menuntut hak GTT & PTT ini. Tetapi, sampai seruan aksi kembali ini turun, tuntutan tersebut belum juga terealisasi. Gaji guru dan pegawai tidak tetap belum terbayarkan lunas.

Karena itu, atas dasar polemik di atas, kami Ikama Sulbar Yogyakarta mengajak semua kalangan, mulai dari aktivis organisasi (termasuk organisasi daerah) dan pelajar-mahasiswa, untuk turun ke jalan. Kita suarakan hak-hak berupa gaji guru dan pegawai tidak tetap yang Pemprov Sulbar rampas selama ini.

Aksi ini akan dilangsungkan secara serentak pada 9 Januari 2019. Titik lokasi di tiga wilayah, yakni Mamuju, Yogyakarta, dan Jakarta.

Untuk di Mamuju, lokasi aksi berada di Kantor Gubernur dan DPRD Sulawesi Barat. Di Yogyakarta, titik kumpul di Nol KM Malioboro. Sementara di Jakarta, aksi akan digelar di Senayan, Gedung DPR RI.

Kepada semua kawan-kawan di mana pun berada, mari bersolidaritas dalam aksi ini. Bersama kita ingatkan pemerintah bahwa apa yang dilakukannya sangat tidak adil kepada para pengabdi daerah (guru dan pegawai tidak tetap).

Seruan ini sekaligus undangan terbuka. Dan khusus untuk di Yogyakarta, konsolidasi awal akan dilaksanakan pada Minggu, 6 Januari 2019 pukul 19.00 di Sekretariat Ikama Sulbar Yogyakarta. Datang dan bergabunglah.

Narahubung:

  • Mamuju: 081243232935 (Asraruddin)
  • Yogyakarta: 082348356733 (Bung Aco)
  • Jakarta: 085396096600 (Bung Muid)

Kontributor NP
Kontributor 85 Articles
Kontributor Nalar Politik