Ikama Sulbar Dorong Kesejahteraan dan Demokrasi Desa

Ikama Sulbar Dorong Kesejahteraan dan Demokrasi Desa
Foto bersama diskusi Ikama Sulbar-Yk "Belajar untuk Mandar"

Nalar PolitikUpaya untuk tetap mendorong kesejahteraan dan demokrasi desa terus bergaung. Mahasiswa, tak terkecuali yang tengah menempuh studi di tanah rantau seperti di Yogyakarta, juga tampak tak mau kalah untuk menunjukkan gaung itu.

Melalui diskusi rutinnya yang sudah berjalan untuk keempat kali, upaya tersebut diperlihatkan oleh rekan-rekan mahasiswa yang tergabung dalam organisasi daerah Ikatan Keluarga Mahasiswa Mandar Sulawesi Barat – Yogyakarta (Ikama Sulbar-Yk). Mereka angkat tema yang cukup ciamik, yakni UU Desa; Mendorong Kesejahteraan dan Demokrasi Desa.

“Kami ingin menelaah lebih jauh tentang problem desa, dalam hal ini desa-desa di daerah Sulawesi Barat. Ini pun sesuai dengan tema besar kami: Belajar untuk Mandar,” terang Ketua Ikama Sulbar.

Ikama Sulbar Dorong Kesejahteraan dan Demokrasi Desa

Berlangsung di Baruga Baharuddin Lopa, Asrama Todilaling Polewali Mandar, diskusi ini diampu oleh Pemerhati Masalah Ekonomi-Politik lokal, Wahyu Hidayat. Sesuai dengan tema diskusi, ia menyoal aspek-aspek kesejahteraan masyarakat juga tentang kehidupan demokrasinya.

Di samping itu, alumnus Sosiologi Agama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta itu juga menekankan pentingnya peran mahasiswa daerah untuk bersama-sama mengawal kebijakan terkait Dana Desa ini.

“Jangan sampai kita berdiam diri. Itu hak dan kewajiban kita untuk mengawalnya,” pesan Wahyu dalam diskusi yang berlangsung di Jalan Taman Siswa, Senin (23/10/2017).

Ia juga menekankan perlunya mahasiswa daerah di tanah rantau mempelajari betul kebijakan-kebijakan penyertanya. Karena, menurutnya, dari kebijakan itulah kita bisa tahu di mana letak kekeliruan pemerintah dalam praktik kebijakannya di lapangan.

___________________

Artikel Terkait:

    Kontributor

    Kontributor Nalar Politik
    Kontributor
    Share!