IKPM Jateng-Yogyakarta Nyatakan Sikap terkait Partisipasi Politik Mahasiswa

IKPM Jateng-Yogyakarta Nyatakan Sikap terkait Partisipasi Politik Mahasiswa
Ketua Umum IKPM Jateng DIY Iqbal Kholil Rahman mewakili aspirasi mahasiswa Jawa Tengah membaca penyataan sikap, Jumat (13/4/2018).

Nalar Politik – Menyongsong tahun politik, Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Jawa Tengah (IKPM Jateng) mengadakan talk show bertajuk Demokrasi: Pemecah atau Pemersatu?. Agenda ini memanelkan Ketua DPRD Provinsi, akademisi sosial politik, dan Kesbangpol Provinsi Jateng.

Selain mengupas tuntas seputar demokrasi, Ketua Umum IKPM Jateng Iqbal Kholil Rahman mewakili aspirasi mahasiswa Jawa Tengah. Di penghujung acara, ia membaca penyataan sikap. Hal itu mengenai pembentukan TPS Istimewa di semua wilayah Indonesia.

“Khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta yang di mana terdapat banyak mahasiswa atau masyarakat asal Jawa Tengah yang nantinya akan menambah angka partisipasi pemilihan Pilgub pada 2018,” tandasnya.

Pernyataan tersebut dibacakan langsung di depan Ketua DPRD Jateng perwakilan Kesbangpol dan akademisi sosial politik. Ia titipkan itu kepada Ketua DPRD Jateng yang nantinya pernyataan sikap tersebut akan disampaikan kepada KPU Provinsi Jawa Tengah, Jumat (13/4/2018).

Berikut ini isi lengkap dari pernyataan sikap IKPM Jateng-Yogyakarta:

Melihat fenomena yang terjadi sekarang di mana pada tahun 2018 akan diselenggarakan Pemilukada serentak yang akan dilaksanakan di beberapa daerah, salah satunya adalah Provinsi Jawa Tengah, mengingat angkatan partisipasi masyarakat Provinsi Jawa Tengah dalam Pilkada 2013 yang masih sangat kurang, maka dari itu IKPM Jateng menyatakan:

  1. Menuntut KPUD Provinsi Jawa Tengah meningkatkan jumlah partisipan Pemilukada Jawa Tengah.
  2. Memberikan ruang pada mahasiswa untuk bisa terlibat dalam peningkatan partisipasi pemilukada.
  3. Menuntut agar Pemilukada Jawa Tengah berjalan aman tertib dan jujur.
  4. Mengecam Pemilukada yang dipengaruhi dengan isu sara.
  5. Menolak politisasi sastra dan kesenian untuk kepentingan politik.
  6. Menuntut diadakannya TPS Istimewa di setiap daerah di luar Jawa Tengah untuk masyarakat Jawa Tengah yang ada di luar Jawa Tengah guna meningkatkan angka partisipasi masyarakat. (ak)

___________________

Artikel Terkait: