Islam Agama Bawa Damai?

Islam Agama Bawa Damai?
Ilustrasi: Learn Gold

Nalar Warga – Saya percaya Islam adalah agama yang bawa damai dan kesejukan untuk semua. Namun belakangan semakin banyak menemukan orang meneror orang lain dengan dalih membela Islam.

Kenapa bisa begitu? Apakah pemahaman saya tentang Islam keliru? Saya rasa tidak. Tapi mengapa?

Seorang teman muncul di sebuah talkshow TV membela prinsip-prinsip kebebasan sipil. Sekarang dia tak henti-hentinya diteror dan disuguhi macam-macam makian yang sangat kasar.

Anehnya, para pelaku teror (jumlahnya ribuan) mengatasnamakan pembelaan pada Islam. Kenapa begini?

Yang sungguh-sungguh aneh adalah teman saya itu diancam akan disakiti secara fisik bahkan diperkosa. Padahal jangankan perkosaan, berzina saja dilarang dalam Islam. Apa yang membawa orang-orang itu bisa sampai pada niat sebrutal itu sembari membawa nama agama?

Suatu hari saya juga pernah mendengar teman lain yang menolak UU Pornografi diancam akan diperkosa. Padahal alasan si pengancam dukung UU itu adalah untuk mengurangi perkosaan.

Di waktu lain, saya pernah melihat spanduk yang berisi kira-kira begini (tidak persis sama, tentu): “Agama saya adalah agama yang bawa damai. Siapa yang bilang agama saya tidak mendukung kedamaian, bawa damai, halal darahnya.” Hmm. Aneh betul.

Pertanyaan pokoknya adalah bagaimana mereka bisa menganggap sedang menegakkan kemaslahatan dengan cara yang tidak maslahat?

*Saidiman Ahmad

___________________

Artikel Terkait:
Warganet
Latest posts by Warganet (see all)