Jajal si Chopper, Jokowi Sambangi 2 Proyek Padat Karya Tunai

Jajal si Chopper, Jokowi Sambangi 2 Proyek Padat Karya Tunai
Foto: Agus Suparto/Presidential Palace

Nalar Politik Dari depan kantor Kecamatan Bantar Gadung ke Pantai Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Presiden Jokowi menyusuri jalan lebih dari 20 kilometer. Tepat Minggu, 8 April 2018, penyusuran itu dalam rangka menyambangi dua proyek Padat Karya Tunai.

Bersama komunitas pengendara sepeda motor, Jokowi sekaligus menjajal si Chopper Royal Enfield Bullet.

“Rombongan kami sempat mampir di dua desa meninjau pekerjaan padat karya. Benar-benar perjalanan yang asyik tanpa sirine di hari Minggu,” terang Jokowi.

Adapun dua proyek yang disambangi Jokowi dan rombongan, yakni proyek Kementerian PUPR berupa pembangunan saluran irigasi kecil di Desa Pasir Suren, Pelabuhan Ratu.

Saluran irigasi sepanjang 600 meter ini mengairi sawah dengan luas sekitar 125 hektar. Sebanyak 70 orang mengerjakan pemasangan batu dan meninggikan tanggul saluran yang merupakan bagian dari daerah irigasi Cigobang ini. Lama pengerjaannya 50 hari.

Kedua, proyek dari Kementerian Desa berupa pembangunan pondok wisata di Kampung Tegallega Pasir, Desa Citarik, Pelabuhan Ratu. Di tempat ini dibangun sebanyak enam Pondok Wisata menggunakan anggaran dari Dana Desa tahun anggaran 2018. Lama pengerjaannya diperkirakan 25 hari kerja.

Di Jawa Barat sendiri ada 711 titik proyek Padat Karya Tunai dengan total anggaran mencapai Rp159 miliar. Di setiap titik, proyek melibatkan sampai 100 atau 200 pekerja. Kira-kira berapa tenaga kerja yang diserap proyek Padat Karya Tunai ini?

___________________

Artikel Terkait: