Jokowi dkk Sudah Hasilkan Kesepakatan, Kubu Prabowo Malah Masih Sibuk Urusi Dress Code

Jokowi dkk Sudah Hasilkan Kesepakatan, Kubu Prabowo Malah Masih Sibuk Urusi Dress Code
SBY & Prabowo Subianto | Foto: Twitter

Nalar PolitikPresiden Jokowi telah melaksanakan pertemuan dengan sejumlah partai pengusung, dan menghasilkan beberapa kesepakatan. Sedang pertemuan Prabowo-SBY masih disibukkan dengan Dress Code.

Pertemuan Jokowi beserta partai pengusung yang terlaksana di Istana Presiden, Bogor pada Senin malam (23/7) tersebut telah mendapat beberapa kesepakatan. Selain mengusung kembali Presiden Jokowi sebagai Capres petahana, pertemuan itu juga menyepakati nama Cawapres pendamping Jokowi di Pilpres 2019 mendatang.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

“Jadi, tadi pembahasan terkait dengan isu-isu terkini dan terkait enam partai yang sudah mendukung Presiden. Pembicaraannya bulat, termasuk terkait dengan kesepakatan Wapres,” kata Airlangga di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Berbeda halnya dengan akan diadakannya pertemuan antara Prabowo dan SBY yang masih sibuk mengurusi Dress Code apa yang cocok dipakai untuk petemuan tersebut. Hal itu disampaikan Sekjen Partai Demokrat, Hinca Pandjaitan.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya akan menyiapkan hal-hal terkait teknis seperti Dress Code yang akan digunakan oleh petinggi-petinggi formal itu. Harapannya, pertemuan tersebut berjalan dengan lancar.

“Pak SBY itu terbiasa dan Pak Syarief paham betul di kabinet kalau ada pertemuan petinggi-petinggi formal, katakanlah, KTT tingkat tinggi. Harus dimulai juga dengan senior-senior menteri meeting-nya. Jadi yang ini mempersiapkan teknisnya,” ujarnya di kediaman SBY, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (24/7).

“Termasuk dress code-nya kita siapkan. Karena kan untuk mengatur bangsa ini kan juga dress code itu menjadi persoalan penting. Jadi tidak boleh sembarangan. Alangkah baiknya kalau dress code ini ada kan lebih bagus,” sambungnya.

Hinca juga memberi cerminan terkait model dress code yang akan digunakan. Menurutnya, yang menggambarkan keseriusan, tapi merakyat juga menjadi kebanggaan Indonesia.

“Kita akan menggunakan batik lengan panjang untuk menggambarkan kearifan lokal kita dan jadi kebanggaan Indonesia di level dunia dan sudah diakui UNESCO. Ini untuk menggambarkan keseriusan, tapi juga merakyat. Kearifan lokal kita itu pesan yang ingin disampaikan,” jelasnya. (us)

_____________

Baca juga: