Jokowi Tak Tunjukkan Wibawa, Pendukung Kecewa

Jokowi Tak Tunjukkan Wibawa, Pendukung Kecewa
©FB/Saidiman

Nalar Politik – Salah satu pendukung Jokowi, Saidiman Ahmad, tampil kecewa melihat eksistensi presiden pilihannya sejauh ini. Ia menilai sosok yang sebentar lagi akan dilantik untuk dua periode itu tidak juga menunjukkan wibawa sebagai pemimpin.

Hal tersebut Saidiman lihat dari sikap Jokowi yang terkesan membiarkan partai-partai pendukung di parlemen bergerak bebas tanpa kendali. Tampak dari bagaimana mulusnya revisi UU KPK sebagai bentuk pelemahan lembaga antirasuah, juga terhadap munculnya ancaman pengesahan RKUHP yang hanya berisi pasal-pasal ngawur.

“Ini memperlihatkan bagaimana partai-partai koalisi pemerintah di parlemen bergerak tanpa kendali presiden. Jokowi sama sekali tidak menunjukkan wibawa sebagai pemimpin koalisi pemerintahan. Mengecewakan,” ungkap Saidiman Ahmad dalam keterangan tertulisnya, Rabu (18/9).

Padahal, bagi peneliti SMRC ini, mestinya presiden menjadi benteng terakhir perlawanan pada kekolotan para anggota DPR yang ngotot mau mengesahkan RKUHP zaman batu. Misalnya, Jokowi bisa mengerahkan partai-partai koalisi pemerintah di parlemen untuk menunda pengesahan.

“Tapi tak ada gestur politik apa pun dari Yang Mulia Jokowi.”

Saidiman lalu menyebut ada dua kemungkinan yang jadi sebab kenapa sang harapan sampai terlihat sangat mengecewakan seperti itu.

“Pertama, Jokowi tidak paham persoalan atau tidak mengerti urgensi menjaga ruang kebebasan individu dalam demokrasi. Kedua, dia paham, tapi tak punya keberanian untuk melawan kehendak partai.”

Jika memang presiden tidak bisa mendesakkan aspirasinya pada parlemen, sesal Saidiman, lalu apa guna keberadaan koalisi pemerintah?

“Kecuali kalau presiden memang satu aspirasi dengan mereka, itu lain perkara.” [fa]

Baca juga: