Jokowi Terbukti Sukses dalam Penegakan Hukum, HAM, dan Antikorupsi

Jokowi Terbukti Sukses dalam Penegakan Hukum, HAM, dan Antikorupsi
PSI temu awak media, Jakarta (17/1/2019)

Jokowi tidak cuma memahami konsep penegakan hukum, tapi juga sudah menerapkannya dalam praktik secara langsung 4 tahun terakhir ini.

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yakin pasangan Capres nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin bakal menang mudah dalam debat capres putaran pertama, yang akan diselenggarakan malam ini, Kamis (17/01). Nada optimisme itu diungkap oleh Jubir PSI, Surya Tjandra.

“Kalau untuk topik penegakan Hukum, HAM, dan Korupsi, Pak Jokowi akan menang mudah dalam debat,” ujar dia di Basecamp DPP PSI, Jl. KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat.

Pernyataan itu muncul di acara temu awak media dan membahas isu-isu seputar debat perdana Capres-Cawapres 2019, yang mengusung tema Hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), Korupsi, dan Terorisme.

Menurut caleg DPR RI Dapil Jawa Timur 5 ini, keunggulan tersebut tak terlepas dari pengalaman matang Presiden Jokowi selama menjabat.

“Beliau tidak cuma memahami konsep penegakan hukum, tapi juga sudah menerapkannya dalam praktik secara langsung 4 tahun terakhir ini.”

Ia juga menambahkan, ada indikator dan kebijakan yang mencerminkan komitmen memerangi korupsi di era Presiden Jokowi.

“Kita melihat Corruption Perception Index (CPI) kita naik cukup signifikan justru di kepemimpinan Pak Jokowi, dari 34 sekarang ke 37. Ranking negara terkorup pun sudah turun dari 107 jadi 90,” ujarnya

“Dan dalam kepemimpinan Pak Jokowi, kita semua bisa jadi pelapor korupsi. Bahkan sudah ada peraturan dari pemerintah yang memberikan reward seandainya orang bersedia melaporkan indikasi korupsi dan terbukti,” lanjut Surya Tjandra.

“Ada juga kenaikan cukup signifikan terkait anggaran bagi KPK. Sekarang sudah hampir Rp1,2 triliun ini lumayan banyak karena staf KPK juga tidak terlalu banyak,” pungkasnya.