Kau Pikir Masakan Chef Sekolahan Lebih Enak dari Warga Kampung?

Kau Pikir Masakan Chef Sekolahan Lebih Enak dari Warga Kampung?
IG @aniesbaswedan

Nalar PolitikGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan punya terobosan baru di perayaan Iduladha 2019. Bersama Yayasan Aksi Cepat Tanggap dan stakeholder lainnya dalam kegiatan Dapur Kurban 2019, ia akan gandeng sejumlah chef sekolahan sebagai pengolahnya.

Anies beralasan, selain sudah ahli di bidang masak-memasak, para chef sekolahan itu juga akan memberi pengalaman istimewa bagi warga penerima. Tujuannya, agar mereka turut merasakan cita rasa masakan hotel berbintang lima.

“Makan yang enak itu untuk dinikmati bagi mereka yang sudah secara finansial ekonomi tinggi. Tapi izinkan mereka-mereka yang selama ini masih ekonomi sosial rendah untuk merasakan makanan kelas hotel berbintang lima,” kata Anies.

Daging-daging itu juga dikemas dalam bentuk kalengan siap saji. Selain memudahkan pembagian, pengemasan seperti ini juga akan menjadikan daging tahan lama.

“Dengan cara seperti ini, maka itu bisa berjangka panjang. Nah, ini adalah inovasi yang kita lakukan di Iduladha agar bisa dimanfaatkan lebih panjang dan lebih merata,” pungkasnya.

Mengetahui itu, seorang warganet bernama Saidiman Ahmad pun berkicau. Ia mempertanyakan inovasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang dinilainya agak gimana gitu.

“Boleh saja. Tapi jangan kau pikir masakan para chef sekolahan itu lebih enak dari masakan warga di kampung-kampung. Salah besar kau,” kicau pemilik akun @saidiman ini.

Keberadaan inovasi Anies ini, menurut Saidiman, justru akan mengasingkan warga dari tradisi yang selama ini mereka anut. Pun belum pasti daging olahan chef ala Anies itu sesuai selera warga.

“Jadi kalau biasanya warga berkumpul riang gembira nyate dan mengolah daging yang jarang-jarang mereka peroleh, sekarang mereka hanya tinggal buka daging kalengan olahan chef hotel yang bawang bombai dan paprikanya lebar-lebar itu,” tambahnya.

“Memang ada masakan hotel yang enak? Mengalahkan sambal and pete nasi uduk depan Polres Ciputat? Atau ketupat laksa buatan Momi Eike?” timpal warganet lain berakun @ihsan_AF. [in/tw]

Share!