Kondisi Tanpa dan Dengan UU Cipta Kerja

Kondisi Tanpa dan Dengan UU Cipta Kerja
┬ęBarisan Cipta Kerja

Ada perbedaan jalan antara kondisi tanpa UU Cipta Kerja dan kondisi dengan UU Cipta Kerja. Perbedaan tersebut terlihat apik dalam ilustrasi berikut:

Tampak bahwa kondisi tanpa UU Cipta Kerja terlihat sepi. Sebaliknya, kondisi dengan UU Cipta Kerja begitu ramai. Tentu ada banyak faktor mengapa hal demikian ini terjadi. Faktor utamanya adalah nilai manfaat yang Omnibus Law Cipta Kerja kandung.

Kita tahu, dalam perundang-undangan sebelumnya, banyak aturan yang tumpang tindih. Sistem birokrasi yang digunakannya sangat mahal dan berbelit-belit.

Jangankan memulai, untuk sekadar mengajukan izin usaha saja ribetnya minta ampun. Tak salah jika angka pengangguran tiap tahunnya terus melonjak akibat lapangan pekerjaan yang sangat terbatas.

Melalui Omnibus Law Cipta Kerja, kondisinya kemudian berbanding terbalik. Soal aturan, misalnya, dibentuk sesederhana mungkin. Sistem birokrasinya dibikin cepat dengan bantuan online.

Alhasil, perizinan jadi lebih mudah. Efek nyatanya adalah angka pengangguran berkurang sebagai konsekuensi dari meluasnya lapangan pekerjaan. Kesejahteraan, itulah yang menjadi visi utamanya.

Baca juga: