Kuliah Umum Linguistik Ferdinand de Saussure

Kuliah Umum Linguistik Ferdinand de Saussure
©IYIG

Sebuah fondasi teori bagi kecenderungan baru dalam studi linguistik.

Dalam sejarah ilmu bahasa, sedikit saja sosok tokoh seperti Ferdinand de Saussure, yang selalu dihormati dan tetap memberikan sedemikian banyak ilham bagi banyak sekali pencapaian.

Dengan jitu, Leonard Bloomfield mengakui jasa profesor dari Swiss itu dalam membangun “sebuah fondasi teori bagi kecenderungan baru dalam studi linguistik”. Para ahli di Eropa pun hampir selalu memperhitungkan pandangan-pandangan Saussure ketika mereka harus berurusan dengan persoalan teori.

Tetapi seluruh implikasi lengkap ajaran Saussure bagi penelitian statik dan penelitian evolusioner pun masih harus diteliti.

Saussure berhasil meninggalkan sidik jari individualnya hampir pada setiap apa saja yang bisa disentuhnya. Pada umur dua puluh tahun, dia masih mahasiswa di Leipzig. Waktu itu dia pun memublikasikan tulisan monumentalnya tentang sistem vokalik Proto-Indo-Eropa.

Tulisannya itu didasarkan pada beberapa teori dan fakta yang diketahui semua orang kala itu. Tetapi tulisannya itu hingga sekarang masih diakui sebagai penjelasan paling tekun dan paling lengkap tentang vokalisme bahasa Proto-Indo-Eropa.

  • Judul: Kuliah Umum Linguistik
  • Penulis: Ferdinand de Saussure
  • Penerbit: IRCiSoD
  • ISBN: 978-623-6166-37-6
  • Tebal: 236 hlm.
  • Tahun: 2021

Harga normal: Rp120.000
Diskon: Rp100.000

Kontak pemesanan di IYIG Bookstore:
    IYIG Bookstore
    Latest posts by IYIG Bookstore (see all)