Leg 1 AFF 2020, Indonesia Tertinggal 0-4 dari Thailand

Leg 1 AFF 2020, Indonesia Tertinggal 0-4 dari Thailand
©AFC Asian Cup

Olahraga – Indonesia tertinggal 0-4 dari Thailand di Leg 1 AFF 2020. Berlangsung pada Rabu, 29 Desember 2021, Timnas Garuda belum mampu menciptakan satu pun gol sepanjang pertandingan.

Empat gol Thailand ke gawang Indonesia pada partai final leg 1 AFF 2020 malam ini dicetak oleh Chanathip Songkrasin, Kapten Timnas Thailand, pada menit ke-2 dan 52. Dua gol tambahan lainnya dicetak oleh Supachok Sarachat di menit ke-67 dan Bordin Phala di menit ke-83.

Ketika pertandingan baru berjalan dua menit, Indonesia terlebih dahulu harus tertinggal 0-1 dari Thailand. Gol pertama tercipta melalui gol sepakan ciamik Chanathip Songkrasin yang mendapat umpan matang dari Phillip Roller.

Pada menit ke-22, Irfan Jaya mencoba menyamakan kedudukan. Sayang, penyerang sayap untuk klub PSS Sleman di Liga 1 ini terlambat melakukan tembakan. Tembakannya justru mengenai kaki Chanatip Songkrasin di kotak penalti Thailand sehingga berbuah pelanggaran.

Memasuki menit ke-33, Witan Sulaiman sempat berupaya mengancam gawang Thailand. Namun, wasit terlebih dahulu meniup peluit karena Yusef Elias Dolah melakukan pelanggaran yang cukup keras terhadap Rachmat Irianto. Ia harus diganjar kartu kuning karena ulahnya.

Witan Sulaiman kembali mencoba membuka peluang menyamakan kedudukan. Ia memberikan umpan ke arah Alfeandra Dewangga pada menit ke-40. Lagi-lagi sayang, tembakannya justru melambung ke atas mistar gawang.

Saat pertandingan memasuki injury time babak pertama, Bordin Phala nyaris saja menambah gol untuk Thailand. Beruntung Nadeo Argawinata mampu menyelamatkan gawang Indonesia. Pertandingan babak pertama pun berakhir dengan skor 0-1 untuk keunggulan Thailand.

Babak Kedua Leg 1 AFF 2020

Memasuki babak kedua Leg 1 AFF 2020, beberapa pemain andalan Indonesia mulai diturunkan. Antara lain: Elkan Baggott, I Kadek Agung Widnyana, dan Evan Dimas Darmono.

Namun, bukannya menyeimbangkan, Thailand justru kembali mampu menambah keunggulan menjadi 0-2 pada menit ke-52. Tembakan Chanathip Songkrasin, yang sebelumnya mencetak gol di early game babak pertama, lagi-lagi berhasil merobek jala yang dijaga Nadeo Argawinata.

Meski Irfan Jaya nyaris saja mencetak gol untuk mengejar ketertinggalan pada menit ke-61, tembakannya masih mampu diselamatkan oleh kiper Siwarak Tedsungnoen.

Dua menit kemudian, Egy Maulana Vikri diturunkan oleh Shin Tae Yong. Ia menggantikan posisi Ricky Kambuaya di lini tengah.

Thailand kembali menambah keunggulan menjadi 0-3 berkat tembakan yang dilakukan oleh Supachok Sarachat pada menit ke-67.

Pada menit ke-73, Irfan Jaya ditarik keluar oleh Shin Tae Yong. Posisinya digantikan oleh Ramai Rumakiek.

Lima menit kemudian, Dedik Setiawan diganjar kartu kuning oleh wasit. Ia dianggap terbukti melakukan diving di area kotak penalti Thailand.

Pasukan Gajah Putih lagi-lagi mampu menambah keunggulan dan mengubah skor menjadi 0-4 setelah Bordin Phala berhasil memanfaatkan rapuhnya lini pertahanan Indonesia pada menit ke-83.

Hingga pertandingan usai, Indonesia masih belum mampu menciptakan gol sepeser pun sehingga skor tetap bertahan 0-4 untuk keunggulan Thailand. Dengan hasil ini, Indonesia harus menang dengan selisih minimal lima gol di final leg 2 AFF 2020 yang akan digelar pada Sabtu, 1 Januari 2022 mendatang, jika ingin merebut gelar juara.