Lepas Ekspor Hasil Pertanian Jateng, Ganjar: Dunia Makin Tanpa Batas

Lepas Ekspor Hasil Pertanian Jateng, Ganjar: Dunia Makin Tanpa Batas
©Ist

Nalar Politik – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berhasil melepas ekspor hasil pertanian ke berbagai negara. Nilainya cukup fantastis, terhitung sejak Agustus 2021.

“Setelah kita ekspor pertanian di bulan Agustus senilai Rp427 miliar, kemarin kita lepas lagi ekspor hasil pertanian Jawa Tengah senilai Rp528,9 miliar ke berbagai negara,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam keterangan tertulisnya, Minggu (2/2).

Pihaknya makin bangga mengingat para petani berkomunikasi langsung dengan importir negara luar. Hal ini mengindikasikan dunia hari ini makin tanpa batas.

“Yang lebih membanggakan lagi, saudara-saudara kita petani ini bisa langsung komunikasi dengan importir negara luar. Artinya, dunia makin tanpa batas. Maka pemerintah harus terus melakukan penyesuaian.”

Ganjar terus mengingatkan agar semua pihak, utamanya dari kalangan pengusaha, tetap konsisten menjemput peluang. Upaya ini, menurutnya, layak menjadi percontohan bagi pelaku usaha apa saja.

“Karena ini adalah peluang besar dan kita jangan sampai ketinggalan kereta. Apa yang dilakukan petani ini bisa jadi contoh bagi pelaku usaha apa saja.”

Ia pun menekankan supaya para pelaku usaha tetap semangat dalam bekerja demi mengejar cita-cita kemakmuran bersama.

“Yuk, semangat berkarya agar kita makmur bersama.”

Melalui keterangan tertulis itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo turut berbagi satu video yang memperlihatkan pengalaman seorang petani melakukan transaksi ekspor ke luar negeri.

Ditampakkan di sana bagaimana yang bersangkutan memanfaatkan kecanggihan fitur teknologi untuk bisa berkomunikasi langsung dengan importir luar negeri.

Baca juga:

“Sampeyan komunikasi langsung dengan (importir) Tiongkok?” tanya Ganjar.

Petani tersebut mengaku berkomunikasi langsung dengan orang Tiongkok via WeChat.

“Sana (importir Tiongkok) nulis ini, saya terjemahkan dulu (sebelum dibalas),” jawabnya.