Lingkaran Jokowi Tolak Kompromi di Balik Rekonsiliasi

Lingkaran Jokowi Tolak Kompromi di Balik Rekonsiliasi
Foto: Viva

Lingkaran Jokowi menolak kompromi yang ada di balik wacana rekonsiliasi. Seperti dinyatakan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, ia tidak mau jika rekonsiliasi politik tersebut dijadikan sebagai ajang transaksi atau negosiasi.

“Saya khawatir rekonsiliasi hanya membahas negosiasi hanya kepentingan kelompok tertentu,” kata Moeldoko di Kantor Staf Kepresidenan, Jakarta, Jumat (5/7).

Ia juga menilai bahwa rekonsiliasi menjadi tidak penting jika hanya mengakomodasi kepentingan kelompok tertentu. Apalagi cuma menegosiasikan jabatan semata. Rekonsiliasi, tegasnya, harus dilakukan demi kepentingan bangsa dan negara.

“Kita ini negara, memikirkan negara. Jangan kita terjebak antara satu elite ke elite. Jangan terjebak satu kelompok ke kelompok.”

Penolakan Moeldoko ini terkait erat dengan wacana yang diembuskan oleh Koordinator Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak. Melalui akun Twitter-nya, Dahnil mengimbau agar rekonsiliasi dimanfaatkan untuk memulangkan Rizieq Shihab ke tanah air.

“Ini pandangan pribadi saya. Bila nrasi rekonsiliasi politik mau digunakan, agaknya yang paling tepat, beri kesempatan kepada Habib Rizieq kembali ke Indonesia,” kicau Dahnil. [de]