Literasi Politik

Literasi Politik
©iyig

Buku ini berupaya menghadirkan kajian seputar literasi politik. Tema ini sangat penting, terkait dengan konteks politik Indonesia yang sedang mengonsolidasikan demokrasinya pasca-bergulirnya reformasi pada tahun 1998.

Tentu, transformasi kesejarahan Indonesia sebagai negara demokratis harus didokumentasikan, dideskripsikan, dianalisis, dikritik, dan diberikan masukan secara terus-menerus. Agar kondisinya terus membaik dan konsolidatif.

“Benang merah” buku ini terletak pada kajian tentang urgensi kajian politik di tengah ragam persoalan dalam proses dan tahapan penyelenggaraan kontestasi elektoral. Pada Pemilu 2019, kali pertama dalam sejarah politik Indonesia, Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif digelar serentak dalam waktu bersamaan.

Tentu saja masih banyak memunculkan kekurangan yang harus kita perhatikan dan diberi sejumlah masukan konstruktif. Pun demikian, dengan penyelenggaraan Pilkada serentak, misalnya Pilkada serentak 2015, 2017, dan 2018 yang sudah dilalui, bisa menjadi bahan evaluasi untuk memperbaiki diri.

Literasi politik bukan semata tentang pengetahuan, melainkan juga tentang skill atau keterampilan dalam mengakses, mengomparasikan, dan mengomunikasikannya kepada orang lain. Hal lain, yakni sikap politik warga negara yang lebih otonom dan berlandaskan keajekan nalar.

Riwayat buku:
  • Judul: Literasi Politik
  • Penulis: Dr. Gun Gun Heryanto, M.Si., dkk.
  • Penerbit: IRCISOD
  • Tebal: 524 hlm
  • Tahun: 2019
Kontak pemesanan di IYIG Bookstore:
IYIG Bookstore
Latest posts by IYIG Bookstore (see all)