Mayoritas Generasi Milenial Puas dengan Kinerja Jokowi

Mayoritas Generasi Milenial Puas dengan Kinerja Jokowi
Presiden Jokowi di jalan trans Papua (Krishadiyanto-Setpres)

Nalar PolitikTemuan survei Centre for Strategic International Studies (CSIS) mengungkapkan fakta bahwa mayoritas generasi milenial Indonesia puas dengan kinerja Jokowi.

“Sebanyak 70,8 persen, generasi milenial menyatakan puas terhadap kinerja Jokowi-JK selama tiga tahun terakhir,” ungkap peneliti CSIS Yose Rizal dalam rilis surveinya yang berlangsung di Gedung CSIS, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (3/11).

Hal tersebut menunjukkan bahwa tingkat optimisme masyarakat, khususnya di kalangan generasi muda yang berusia 17-29 tahun, terhadap kemampuan pemerintah hari ini masih cukup tinggi. Itu pertanda bahwa kinerja pemimpin Kabinet Kerja itu benar-benar telah dirasakan secara umum.

“Tingkat kepuasan generasi non-milenial juga relatif sama, yaitu di angka 70,2 persen. Yang tidak puas sebanyak 29,6 persen responden,” imbuh Yose sebagaimana dilansir Media Indonesia.

Adapun bidang kerja utama yang menjadi penyumbang kepuasan publik atas kinerja Jokowi ini, yakni di wilayah ekonomi.

“Angka kepuasan yang dirasakan golongan milenial itu sebesar 48,7 persen, lebih tinggi daripada non-milenial, yakni 36,6 persen,” lanjutnya.

Tentu, angka tersebut sekaligus menunjukkan bahwa apa yang pernah diujarkan oleh Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, adalah keliru. Fadli pernah mengatakan bahwa kondisi ekonomi masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan.

Tetapi faktanya, survei CSIS ini menunjukkan hal sebaliknya. Bahwa golonga milenial justru sangat merasakan kondisi ekonomi keluarga yang lebih baik dibandingkan lima tahun yang lalu.

___________________

Artikel Terkait:

    Redaksi

    Reporter Nalar Politik
    Redaksi