Membuat Akun Google AdSense untuk Situs Web

Membuat Akun Google AdSense untuk Situs Web
©Bluehost

Teknologi – Jika Anda pemilik atau pengelola situs web, dan menginginkan pendapatan dari kegiatan ini, membuat akun Google AdSense adalah pilihan tepat. Anda bisa mendaftar secara gratis dan menikmati beragam fiturnya.

Meski tidak memungut biaya, pihak penyedia, dalam hal ini Google, harus menyetujui status keanggotaan Anda. Artinya, membuat akun Google AdSense itu gampang-gampang susah.

Apa itu Google AdSense? Seberapa penting ia bagi perkembangan situs web? Bagaimana cara atau alur kerjanya?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut sudah kami kupas tuntas di sini. Pembahasan kali ini hanyalah soal bagaimana cara membuat akun Google AdSense. Anda atau siapa saja yang ingin mendapatkan penghasilan dari kerja-kerja berbasis internet ini penting menyimaknya secara saksama.

Membuat Akun Google AdSense

Sebelum membuat, pastikan Anda punya akun Gmail atau Google Mail. Ini merupakan layanan surel (email) milik Google yang sekaligus memungkinkan Anda untuk menikmati seluruh produk terkininya.

Selain itu, pastikan juga bahwa Anda memiliki kepemilikan situs web. Tentu akan sia-sia membuat akun Google AdSense jika Anda sendiri tidak punya situs web sebagai laman penampil iklan-iklan Google AdSense nantinya.

Meski situs web belum sepenuhnya siap untuk menampilkan iklan dari Google AdSense, Anda tetap bisa membuat akun. Dengannya, Anda punya kesempatan untuk menjelajahi Google AdSense dan mempelajari lebih jauh terlebih dahulu sambil menyelesaikan soal-soal teknis pada situs web.

So, are you ready?

Baca juga:

Jika sudah memenuhi dua syarat di atas, Anda bisa mengawalinya dengan membuka tautan ini. Klik tombol Mulai dan masuklah ke akun Google, lalu sisipkan URL situs web tempat Anda ingin menampilkan iklan.

Saat memasukkan URL, pastikan bahwa situs web tersebut adalah milik Anda, atau setidaknya Anda sebagai pengelola. Perhatikan pula URL-nya: harus, misalnya, example.com atau www.example.com yang Anda masukkan di kolom “URL situs Anda”—kosongkan dan pilih Saya belum punya situs jika memang belum memiliki situs web atau ingin menambahkannya di lain waktu.

Lebih jauh, Anda wajib memastikan bahwa URL yang Anda masukkan tidak boleh memiliki jalur lain seperti example.com/path atau subdomain seperti subdomain.example.com. Tidak boleh juga berisi parameter apa pun, misalnya example.com/?q=target. Gambar berikut ini adalah contoh URL yang valid dan tidak valid.

 

Jumlah akun yang dapat menggunakan domain yang sama untuk mendaftar ke Google AdSense dibatasi. Jika sudah ada iklan dari akun Google AdSense lain yang sedang tayang pada domain pendaftaran, Anda harus menggunakan domain yang berbeda untuk mendaftarkan akun Google AdSense yang baru.

Selanjutnya adalah pilih apakah ingin Google AdSense mengirimkan saran performa dan bantuan yang disesuaikan. Sebaiknya pilih Ya agar Google bisa membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari layanannya. Anda pun bisa mengedit setelan ini kapan saja. Tidak usah khawatir.

Di bagian pembayaran, pastikan memilih negara/wilayah tempat Anda saat ini dan tempat Anda dapat menerima Nomor Pengenal Pribadi (PIN) melalui pos. Ini akan membantu Anda menerima pembayaran di masa mendatang. Ingat, Anda tidak dapat mengubah negara/wilayah di Google AdSense di lain waktu. Mohon catat baik-baik, ya.

Setelah itu, tinjau dan setujui Persyaratan dan Ketentuan AdSense, lalu klik Mulai gunakan AdSense.

Halaman selanjutnya >>>