Menalar Cinta Sejati dalam Film Sadece Sen (2014)

Menalar Cinta Sejati dalam Film Sadece Sen (2014)
©YouTube

Menalar Cinta Sejati dalam Film Sadece Sen (2014)

Setiap manusia di dunia pasti memiliki apa yang namanya cinta. Bahkan kita lahir di dunia ini karena cinta, cinta dari sepasang manusia yang memadu kasih.

Rasa cinta tidak hanya dirasakan atau dinikmati oleh manusia. Makhluk selain manusia pun bisa merasakan apa arti sebuah cinta. Contohnya cinta sang induk hewan kepada anak-anaknya. Begitu pula sebaliknya, cinta bisa tumbuh dari sang anak kepada induknya.

Cinta juga adalah kekuatan yang menggerakkan perputaran dunia dan alam semesta. Menurut Jaluddin Rumi, hal pertama yang diciptakan oleh Tuhan adalah cinta. Bagi Jalaluddin Rumi, cinta adalah kekuatan kreatif paling dasar yang menyusup ke dalam setiap makhluk dan menghidupi mereka.

Cinta adalah penyebab gerakan dalam dunia materi; bumi dan langit berputar demi cinta. Ia berkembang dalam tumbuhan dan gerakan dalam makhluk hidup (Maulana, 2020).

Meski cinta bersifat universal, cinta bagaikan dua mata koin yang memiliki perbedaan. Di satu sisi, cinta dapat membahagiakan. Di sisi lain, cinta dapat pula menghancurkan. Cinta yang membahagiakan ketika dua pasang sejoli bisa berkasih sayang dengan tulus, tetapi di sisi lain bisa menghancurkan ketika berpisah.

Maka tidak heran jika banyak karya para musisi menciptakan karyanya yang memuat lagu-lagu kehancuran karena cinta. Sebagaimana dalam lirik lagu gara-gara cinta karya The Mercy’s, “pada siapaku mengadu nasib diriku? Gara-gara cinta, hidup menderita, tinggalah penyesalan bagi diriku, gara-gara cinta hidup menderita”

Lantas bagaimana sebenarnya memaknai sebuah cinta sejati? Di tengah-tengah kehidupan yang semakin memandang status sosial di saat membicarakan cinta. Hidup memang harus realistis, tetapi ketika membicarakan sebuah cinta apakah selalu dikaitkan dengan fisik dan harta.

Hari ini banyak orang-orang, khususnya anak-anak muda memandang cinta hanya dari fisik dan harta. Seakan-akan orang yang tidak mapan secara finansial dan tidak ganteng atau cantik secara fisik tidak layak untuk dicintai?

Baca juga:

Tulisan ini hendak membahas sebuah film kisah cinta diantara dua pasang sejoli yang menurut penulis sangat layak untuk ditonton. Film itu berjudul, “Sadece Sen” tahun 2014. Film merupakan film drama Turki yang disutradarai oleh Hakan Yonat. Film ini merupakan film remake dari film Korea Selatan 2011 dengan judul “Always” dan dalam film Hindi berjudul “Do Lafzon Ki Kahani 2016.

Setidaknya ada dua hal kenapa film ini layak untuk ditonton, pertama tidak seperti halnya film bertema cinta yang bersifat klise yang hanya mempertontonkan film cinta yang memubal. Film ini mengajarkan mengenai cinta yang tidak selalu soal fisik dan harta. Kedua film ini juga mengajarkan arti dari sebuah ketulusan yang sejati.

Cerita Film Sadece Sen (2014)

Film diawali dengan kisah seorang pria bernama Ali. Ali merupakan seorang pemuda yatim piatu. Ali juga seorang pemuda yang saat itu tidak memiliki gairah hidup. Selain  sehari-hari Ali bekerja sebagai pengantar galon.

Ia juga menghabiskan hidup untuk melamun dan menjalani hidup dengan tatapan kosong. Suatu hari Ali, diberi tugas kerja tambahan oleh seorang kakek bernama Okan untuk menjaga sebuah parkiran di malam hari.

Sambil menunggu parkiran dan menonton televisi dengan muka sumpek. Tiba-tiba Ali didatangi seorang wanita bernama Hazel seorang gadis tuna netra. Tanpa diketahui Ali, Hazel tiba-tiba memberikan Ali sebuah makanan. Hazel mengira Ali adalah kakek Okan, kakek yang sehari-harinya menemani Hazel untuk menontot televisi di tempat parkiran. Hazel pun kaget karena yang diberinya makanan bukan kakek Okan.

Hazel pun kemudian meminta maaf karena malu. Hazel sendiri sehari-hari bekerja sebagai customer service di sebuah perusahaan. Hazel memiliki seorang bos bernama Kenan yang sangat mencintai Hazel. Tetapi Hazel tidak mencintainya.

Keesokan harinya Hazel datang lagi ke tempat parkiran Ali. Kali ini mereka berdua sudah akrab dan akhirnya berbincang-bicang. Suatu ketika saat Hazel pulang dari kantornya, ia tak sengaja ditabrak mobil yang membuat kakinya terluka.

Tanpa pikir panjang Ali lalu membantunya dan membawanya ke rumah sakit. Sebagai rasa terima kasih Hazel kemudian memberikan tiket untuk nonton konser bersama Ali. Suatu ketika tanpa diundang Kenan datang secara diam-diam ke rumah Hazel yang hendak memperkosanya. Beruntung sebelum dirinya diperkosa Ali keburu datang dan menyelamatkannya.

Halaman selanjutnya >>>
Dimas Sigit Cahyokusumo