Menggali Pentingnya Literasi Keuangan

Menggali Pentingnya Literasi Keuangan
┬ęCorporate Financial Institute

Literasi keuangan bukanlah suatu hal yang terdengar keren, melainkan merupakan kebutuhan yang mendesak.

Meskipun terkadang dianggap sebagai topik kering yang hanya relevan bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia keuangan, literasi keuangan seharusnya menjadi suatu keterampilan yang dikuasai oleh semua orang. Tidak hanya pada lini masyarakat yang memiliki status ekonomi menengah ke atas, melainkan dari seluruh lini lapisan masyarakat.

Memahami Literasi Keuangan

Literasi keuangan bukan hanya mengenai kemampuan dalam menghitung uang semata, melainkan tentang pemahaman yang mendalam terhadap keuangan. Mencakup keterampilan dalam mengelola utang, melakukan investasi, dan memahami mengenai risiko keuangan.

Bagi sebagian orang, literasi keuangan mungkin terdengar seperti sesuatu yang hanya relevan bagi mereka yang memiliki portofolio investasi besar atau bisnis mereka sendiri. Namun, sangat jauh dari itu. Ini adalah alat yang memungkinkan setiap individu membuat keputusan yang cerdas tentang uang mereka, dari perencanaan keuangan jangka panjang hingga pengelolaan keuangan sehari-hari.

Mengapa Begitu Penting?

1. Pencegahan Kesulitan Keuangan

Literasi keuangan dapat berfungsi untuk membantu seseorang untuk bisa melawan kesulitan keuangan. Dengan menanamkan pemahaman yang mendalam tentangnya, seseorang dapat membangun kepekaan terhadap risiko keuangan, mengidentifikasi peluang investasi yang cerdas, dan merancang rencana keuangan jangka panjang yang sesuai dengan tujuan hidupnya.

2. Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik

Literasi Keuangan dapat membantu keputusan seseorang dalam mengambil langkah yang lebih baik, menurut Lusardi, Mitchell & Curto (2009) pemahaman mengenainya dapat berdampak kepada perencanaan keuangan di masa depan.

Baca juga:

Makin tinggi kemampuan literasi keuangan orang tersebut, makin bijaksana ia dalam menentukan sebuah keputusan investasi. Maka dari itu, pembelajaran mengenainya menjadi suatu hal yang cukup krusial untuk dipelajari oleh seluruh lini masyarakat.

3. Peningkatan Kesejahteraan Mental:

Kesulitan keuangan sering kali berdampak pada kesejahteraan mental. Literasi keuangan dapat mengurangi tingkat stres terkait keuangan dengan memberikan kepercayaan diri dan kontrol atas situasi keuangan seseorang.

Dengan memahami bagaimana mengelola uang dengan baik, seseorang dapat merasa lebih memahami dan mengerti bagaimana harus memanfaatkan uang dengan semestinya, sehingga mereka akan lebih bijak dalam mengeluarkan uang mereka.

4. Mendukung Pengembangan Ekonomi:

Dari perspektif ekonomi makro, masyarakat yang memiliki tingkat literasi keuangan yang tinggi cenderung lebih stabil. Individu-individu yang dapat mengelola keuangan mereka dengan baik dapat lebih aktif berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi. Mereka lebih mungkin berinvestasi, membuka usaha, dan menciptakan lapangan kerja baru.

5. Mengurangi Kesenjangan Sosial:

Literasi keuangan juga dapat berperan dalam mengurangi kesenjangan sosial. Ketidaksetaraan dalam akses dan pemahaman terhadap informasi keuangan dapat menjadi penghalang bagi perkembangan ekonomi masyarakat yang lebih luas.

Halaman selanjutnya >>>
Anak Agung Gde Bhre Ganesvara Ari Kuntibhoja
Latest posts by Anak Agung Gde Bhre Ganesvara Ari Kuntibhoja (see all)