Menggunakan Google Analytics; Panduan bagi Pemula

Di sini, Anda bisa mengeksplorasi para pengguna situs web Anda lebih dalam. Masing-masing metrik ini bisa Anda bandingkan satu sama lain dalam rentang waktu yang Anda tentukan.

  • User: penguna yang telah memulai setidaknya satu sesi selama rentang tanggal.
  • Session: jumlah total sesi dalam retang tanggal; sesi adalah periode waktu pengguna terlibat secara aktif dengan situs web Anda, aplikasi, dan lain sebagainya; Semua data penggunaan (Tampilan Layar, Peristiwa, E-commerce) dikaitkan dengan sesi.
  • Bounce Rate (Rasio Pantulan): persentase sesi satu halaman tanpa interaksi dengan halaman. Sesi yang terpental memiliki durasi 0 detik; pelajari selengkapnya di sini.
  • Page/Session: jumlah laman rata-rata yang dilihat selama sebuah sesi; tampilan berulang satu laman akan dihitung.
  • Session Duration: durasi sesi rata-rata.

Menu ini juga memungkinkan Anda untuk melihat aspek pengguna dari sisi demografi (usia dan gender), topik atau produk apa yang mereka minati, geografis (bahasa dan lokasi), perilaku pengguna (baru vs kembali, frekuensi dan keterkinian, serta engagement), pemakaian teknologi (browser, sistem operasi, dan jaringan), serta informasi perangkat seluler yang pengunjung gunakan.

3. Traffic

Menu ini menampilkan semua sumber lalu lintas dalam situs web Anda. Tak hanya menayangkan jumlah dan perilaku pengguna berdasar saluran default (social, direct, organic search, dan referral), tetapi juga dari sumber-sumber lain seperti paid search dan email—biasanya pada web bisnis dan ecommerce.

  • Social: berasal dari media sosial yang mengirimkan traffic.
  • Organic Search: berasal dari pencarian di mesin telusur seperti Google, Bing, Yahoo, dan Yandex.
  • Direct: berasal dari URL yang langsung diketikkan di address bar sebuah browser.
  • Referral: berasal dari situs web atau channel
  • Paid Search: berasal dari iklan.
  • Email: berasal dari URL yang Anda lampirkan di newsletter atau email marketing.

Catat: data-data di Traffic inilah yang akan membantu Anda kelak dalam menentukan model kampanye secara tepat.

4. Site

Jenis data terakhir ini memuat segala hal tentang konten situs web Anda, seperti konten/halaman teratas dan kecepatan masing halaman.

Untuk konten, perincian yang tertera di dalamnya bisa Anda gunakan untuk mengetahui konten-konten apa saja yang paling populer. Ini akan membantu Anda untuk mempertimbangkan jenis konten seperti apa yang layak Anda produksi di kemudian hari.

Hal menarik lainnya adalah data halaman pertama (landing page) dan terakhir (exit page) yang menjadi jejak para pengguna. Tetapi untuk soal ini, terserah pada Anda mau membacanya seperti apa.

Di sisi kecepatan, selain akan membantu Anda mengecek waktu muat masing-masing halaman dan jenis browser apa saja yang memuat lebih cepat, Anda juga bisa melihat saran kecepatan untuk halaman-halaman tertentu. Data ini bisa Anda pakai untuk memperbaiki halaman-halaman apa saja yang masih bermasalah dalam hal kecepatan ini.

Baca juga: