Menyongsong Peluncuran Bursa Kripto Indonesia

Menyongsong Peluncuran Bursa Kripto Indonesia
©DiversityQ

Market NewsBeritasatu TV baru saja menyiarkan secara langsung acara Zooming with Primus bertema Menyongsong Bursa Kripto. Hadir di antaranya Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, Ketua Asosiasi Blockchain Indonesia Asih Karnengsih, serta Founder dan CEO PT Pintu Kemana Saja Jeth Soetoyo.

Dalam agenda yang berlangsung pada Kamis, 27 Januari 2022 tersebut, Jerry Sambuaga mengatakan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappeti) saat ini sedang fokus menyiapkan pembentukan bursa kripto. Kabarnya, wadah untuk mengawasi mata uang kripto ini akan segera hadir pada kuartal pertama 2022.

Semua stakeholder bursa kripto pun sudah melalui sejumlah tahapan, yakni proses administrasi, verifikasi, validasi, dan hal teknis seperti mendapat Nomor Induk Berusaha (NIB) serta Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI).

“Perdagangan aset kripto di dunia termasuk di Indonesia berkembang sangat cepat, sehingga sudah seharusnya pemerintah mengatur perdagangannya. Apalagi hingga Desember 2021, pelanggan aktif kripto di Indonesia 11,2 juta pelaku dan total transaksi sepanjang tahun menembus Rp859,45 triliun,” kata Jerry sebagaimana dilansir Investor Daily, Jumat (28/1).

Dari sisi jumlah pelanggan, angkanya melonjak hampir dua kali lipat, yakni 87,5 persen dibanding catatan 2020 yang hanya 4 juta orang. Nilai transaksinya pun melesat 1.222 persen dari Rp65 triliun pada 2020. Dengan demikian, kehadiran bursa kripto sangat penting; tidak hanya sebagai upaya menjalankan amanah undang-undang, tetapi juga memberikan perlindungan ke konsumen.

“Ini komitmen kami untuk kita berhati-hati, kita teliti, kita mengkaji semua proses ini secara detail. Kami prioritasnya keamanan konsumen. Jangan sampai nanti kita kesannya terburu-buru dan tidak melalui proses dengan komplet dan nanti tiba-tiba ada hal yang missing. Kita tidak mau ini terjadi. Karena itu, syarat-syarat ini harus terverifikasi dengan detail. Mudah-mudahan dalam waktu dekat tahun ini segera bisa diklarifikasi dengan proses yang komprehensif.”

Jelaslah bahwa kehadiran bursa kripto dapat meminimalkan risiko-risiko atau hal-hal yang bersifat negatif. Adanya pengintegrasian di dalamnya akan membentuk ekosistem yang sehat bagi konsumen.

“Dengan ada bursa sebagai perlindungan kepada konsumen, (akan) cegah pencucian uang, narkoba, dan pendanaan teroris.”

Baca juga:

Manfaat lainnya adalah bisa menggenjot laju ekspor Tanah Air. Jerry melihat saat ini sudah banyak koin atau token yang orang Indonesia ciptakan alias made in Indonesia di mana teknologi blockchain-nya tidak kalah canggih dengan token luar.

“Dengan adanya bursa kripto, saya yakin seyakin-yakinnya, saya percaya untuk anak muda create token akan lebih masif lagi dan nantinya kita bangga dong orang luar beli token kita.”

Hal tersebut pun telah sesuai dengan arahan Presiden Jokowi agar produk ekonomi kreatif termasuk digital punya nilai tambah tinggi dan bisa menjadi andalan ekspor untuk memperbaiki neraca dagang.

“Kita bisa memanfaatkan teknologi berbasis blockchain dan di-apply dalam hal perdagangan dan sisi ekonomi. Ini juga potensial selain untuk ekspor tetapi juga dari sisi ekonomi kita. Ini sesuai dengan arahan Pak Presiden dalam mengembangkan literasi digital.”

Dorong Industri Kripto

Asosiasi Blockchain Indonesia menyambut positif kehadiran bursa kripto di Tanah Air. Asih Karnengsih menyampaikan, bursa kripto akan mendorong industri kripto bisa lebih maju lagi. Hal ini karena ada regulasi yang lebih jelas dengan dukungan edukasi yang makin banyak dan teknologi yang mumpuni.

“Adanya bursa kripto sebagai fasilitator besar harapan akan meningkatnya keamanan dari para investor dan mendapatkan kepercayaan dari para pelaku pasar lebih besar lagi, sehingga dapat menghapus stigma mengenai kripto.”

Mengenai blockchain, Asih menjelaskan ini berguna sebagai teknologi pendukung proses transaksi kripto, dan bertugas untuk mendistribusikan dana transaksi kripto keluar jaringan komputer atau server dalam jaringan blockchain. Sehingga memungkinkan kripto untuk beroperasi tanpa melalui satu pusat untuk mengurangi risiko dan biaya proses transaksi.

“Poin ini yang membuat kripto cukup menarik karena bisa menyumbang stabilitas pada negara yang memiliki mata uang dan infrastruktur yang tidak stabil. Sebab, kripto bisa memunculkan banyak aplikasi dan jaringan-jaringan individu dan institusi yang lebih luas lantaran kripto yang sifatnya global.”

Halaman selanjutnya >>>