Momen-Momen Krusial di Hari Ketiga Invasi Rusia ke Ukraina

Momen-Momen Krusial di Hari Ketiga Invasi Rusia ke Ukraina
©AFP

Momen-Momen Krusial di Hari Ketiga Invasi Rusia ke Ukraina

Nalar Politik – Rusia telah meluncurkan invasi militer berskala penuh ke Ukraina ketika Presiden Vladimir Putin meminta tentara Kyiv untuk meletakkan senjatanya.

Amerika Serikat, Uni Eropa, dan sekutu Barat telah meningkatkan sanksi terhadap Rusia, yang menargetkan bank, kilang minyak, dan ekspor militer.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengaku tidak akan menyerah dan terus berjuang untuk membela negaranya.

Berikut ini adalah momen-momen krusial di hari ketiga invasi Rusia ke Ukraina sebagaimana dilansir Al Jazeera, Sabtu, 26 Februari 2022:

Pertempuran Kyiv

Pasukan Rusia meluncurkan serangan rudal dan artileri terkoordinasi di kota-kota Ukraina, termasuk ibu kota, Kyiv.

Pembangkit Listrik Tenaga Air Kyiv

Kantor berita Interfax, mengutip Kementerian Energi Ukraina, melansir pasukan Rusia mengambil alih pembangkit listrik tenaga air Kyiv di utara ibu kota.

Menara Perumahan Kyiv

Wali kota Kyiv mengatakan, sebuah rudal telah menghantam sebuah gedung apartemen, tetapi tidak ada korban jiwa atau cedera yang dilaporkan.

Jam Malam Kyiv

Wali kota Kyiv memperpanjang jam malam di ibu kota Ukraina.

Baca juga:
Zelensky: Saya di Sini

Presiden Zelensky merilis sebuah video di pagi hari dari pusat Kyiv. Ia mengatakan, “Saya di sini… Ini adalah tanah kami, negara kami, anak-anak kami, dan kami akan melindungi semuanya.”

Serangan Rudal Jelajah

Rusia mengatakan akan membombardir infrastruktur militer Ukraina dengan rudal jelajah.

198 Warga Sipil Tewas

Menteri Kesehatan Ukraina mengatakan, 198 warga sipil, termasuk tiga anak-anak, sejauh ini telah menjadi korban akibat serangan pasukan Rusia.

Pasukan Rusia di Pusat Kota Kyiv

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan, sebagian besar pasukan Rusia yang terlibat dalam serangan di Kyiv sekarang berjarak 30 km (19 mil) dari pusat kota.

Prancis Cegat Kapal Kargo Menuju Rusia

Pasukan angkatan laut Prancis mencegat sebuah kapal kargo yang berisi mobil menuju kota pelabuhan Saint Petersburg di Baltik Rusia.

Bantuan AS – $600 Juta

Presiden AS Joe Biden menandatangani sebuah memorandum untuk memberikan hingga $600 juta dalam “bantuan militer langsung” ke Ukraina.

100.000 Warga Ukraina Menyeberang ke Polandia

Wakil Menteri Dalam Negeri Polandia Pawel Szefernaker mengatakan, 100.000 warga Ukraina telah melintasi perbatasan ke Polandia.

Kremlin: Jangan Sebut “Perang” atau “Invasi”

Rusia memerintahkan medianya untuk menghapus laporan yang menggambarkan serangannya sebagai “serangan, invasi, atau deklarasi perang” jika tidak mau diblokir.

Baca juga:
Rusia Menanggapi Sanksi

Kantor berita RIA mengutip Wakil Kepala Keamanan Dmitry Medvedev bahwa Rusia akan menanggapi sanksi dengan menyita dana asing dan perusahaan asing di Rusia.

Macron Takut Perang Akan Panjang

Dunia harus bersiap untuk perang panjang antara Rusia dan Ukraina. Presiden Prancis memperingatkan itu akan memiliki “konsekuensi abadi”.

Polandia Tidak Akan Bermain dengan Rusia

Polandia menolak untuk memainkan playoff Piala Dunia 2022 dengan Rusia di Moskow pada 24 Maret karena invasi Rusia ke Ukraina dengan mengatakan, “Sudah waktunya untuk bertindak.”