Ngeri! Penampakan 409 Bangku Kosong di Rapat Paripurna DPR

Ngeri! Penampakan 409 Bangku Kosong di Rapat Paripurna DPR
Foto: detikcom

Nalar PolitikAda penampakan yang sangat mengerikan di Rapat Paripurna DPR RI kali ini. Dari 560 anggota dewan, yang hadir cuma 151 orang. Artinya, 409 lainnya memilih absen dan hanya menyisakan bangku-bangku kosong di berbagai penjuru ruangannya.

Rapat Paripurna DPR ini digelar di tengah Masa Persidangan 1 Tahun Sidang 2018-2019. Diselenggarakan di Gedung Nusantara II DPR, Senayan, Jakarta, Senin (3/12).

Meski penampakan bangku-bangku kosong di mana-mana, tetapi rapat tetap dihadiri oleh para petingginya. Pimpinan yang hadir, di antaranya, ialah Ketua DPR Bambang Soesatyo beserta Wakil Ketua Fahri Hamzah dan Agus Hermanto.

Di rapat yang dipimpin oleh Fahri Hamzah ini, berdasar daftar hadir yang ada, hanya sebanyak 151 anggota dewan dari total 560 anggota yang hadir. 138 lainnya dinyatakan mengajukan izin. Dan PDIP, Golkar, serta Gerindra menjadi fraksi yang anggotanya paling banyak tak hadir.

Rapat paripurna tersebut diawali dengan pelantikan anggota Dewan Anggota Antarwaktu (PAW). Berlangsung pula penyerahan pandangan pemerintah mengenai pengesahan RUU tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam (SSKCKR) oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

*Foto-foto penampakan bangku kosong di Rapat Paripurna DPR RI bisa dilihat di sini