Organisasi dan Pengaruhnya bagi Generasi Muda

Organisasi dan Pengaruhnya bagi Generasi Muda
©IDN Times

Organisasi mempunyai banyak manfaat dalam membangun karakter generasi muda.

Dalam kehidupan remaja di era yang modern ini, semua hal bisa kita lakukan. Semua dampak, baik positif maupun negatif, akan sangat cepat menyebar. Untuk itu, kita perlu benteng yang kokoh dalam melawan arus pergaulan bebas agar cita-cita remaja, khususnya mahasiswa, tetap terlaksana.

Untuk hal itu, generasi muda mempunyai dua pilihan, sibuk dan berkarya dalam organisasi atau tenggelam dalam pergaulan bebas.

Perubahan zaman telah terpampang nyata di hadapan kita. Zaman serbacanggih, teknologi sudah sangat maju, hingga semua seakan tak ada batas. Manusia bebas berekspresi, apakah itu baik untuknya ataupun ternilai baik namun menyesatkan.

Kita seakan welcome terhadap budaya asing, namun seakan tak kenal pada budaya sendiri. Gaya hidup kebarat-baratan sudah menjadi trendy anak muda masa kini. Membuat nilai luhur menjadi tipis karena terkikis konten tak wajar budaya Barat yang cepat meresap. Hal ini makin terpacu dari canggihnya teknologi yang makin murah dan maju.

Memang, teknologi ibaratkan pedang bermata dua. Ia bisa melindungimu, tapi di sisi lain juga bisa mencelakakanmu.

Media sosial juga menjadi aspek yang paling krusial dalam perubahan karakter bangsa. Di saat pemerintah sedang bersemangat dalam memblokir situs-situs berbau ras, pornografi atau konten terlarang lainnya, hal demikian justru dengan mudahnya menyebar di media sosial.

Masyarakat, khususnya anak muda penerus bangsa, dengan sangat mudah mengakses dan mengonsumsi tanpa menyaring konten-konten racun tersebut. Belum lagi dengan acara di televisi yang makin tidak mendidik. Kualitas tontonan untuk rakyat sepertinya sangat kurang kualitasnya. Akibatnya ialah hanya pembodohan yang terbalut hiburan tak bermutu dan tiap hari jadi konsumsi masyarakat.

Jika anak muda para calon penerus generasi bangsa sudah terserang dari berbagai sudut oleh racun-racun yang tak mereka sadari, lantas akan jadi apa bangsa ini kelak di kemudian hari?

Beruntunglah kita yang sejak muda sudah mengenal organisasi, baik organisasi sekolah atau kampus maupun organisasi kedaerahan yang sejatinya menyelamatkan kita dari bayang-bayang jurang kehancuran. Dalam organisasi, kita bisa belajar disiplin, bertanggung jawab, dan tenggang rasa dalam musyawarah.

Organisasi juga mengajarkan kita agar mempunyai sifat ingin tahu, ingin tahu dalam beberapa hal. Semisal, tentang hal-hal apa saja yang terjadi dalam dunia politik Indonesia.

Baca juga:

Mempunyai jaringan pertemanan dalam organisasi juga menjadi bagian tak terelakkan dalam berorganisasi. Dengan mempunyai banyak teman, kita akan mendapat banyak masukan ataupun saling bertukar informasi mengenai berbagai macam hal.

Dewasa ini, sangat mudah untuk masuk dalam dunia organisasi, baik organisasi yang bertemakan politik, agama, atau lainnya. Kita bebas memilih dalam menentukan pilihan sesuai kapasitas yang kita miliki.

Tentu saja, tiap organisasi punya kekurangan dan kelebihanya masing-masing. Namun, itu bukan menjadi masalah, karena sejatinya organisasi itu mampu mengubah karakter dan cara berpikir kita untuk menjadi lebih baik dan tentunya lebih kritis.

Maksud dan Tujuan Organisasi

Menurut James D. Mooney, organisasi adalah bentuk dalam setiap perkumpulan atau perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama. Namun, tujuan bersama yang seperti apa?

Halaman selanjutnya >>>