Panggung Komunikasi Politik

Panggung Komunikasi Politik
©iyig

Buku ini memiliki makna khusus, yakni komitmen kuat penulisnya, Dr. Gun Gun Heryanto, untuk memaknai ragam peristiwa di panggung politik nasional. Ia mengulasnya secara tajam dan mendalam dari perspektif kajian komunikasi politik.

Politik Indonesia, hingga saat ini, masih terus berkembang. Banyak kemajuan dalam hal implementasi hak-hak politik, kebebasan sipil, dan pelembagaan demokrasi. Meskipun juga banyak kelemahan yang wajib terus diperbaiki, selalu muncul dilema antara idealitas dan realitas di panggung politik Indonesia.

Politik substantif dalam negara demokratis harus bisa memadukan dua hal secara bersamaan. Pertama, sistem demokratik, seperti perangkat hukum, aturan dan kebijakan. Kedua, etos demokratik, seperti nilai, keluhuran budi, kearifan lokal, dan lain sebagainya.

Praktik komunikasi politik bukan semata-mata memengaruhi lingkungan politik guna memaksimalkan kontrol atas masyarakat yang dipengaruhinya. Komunikasi politik juga harus menjembatani nilai-nilai substansial agar terformulasikan dengan baik di ragam tindakan komunikasi politik para aktor, baik perorangan maupun lembaga.

Buku ini menjadi sumbangsih akademik bagi para pengkaji maupun praktisi bidang komunikasi politik. Layak untuk dimiliki dan diapresiasi.

Riwayat buku:
  • Judul: Panggung Komunikasi Politik
  • Penulis: Dr. Gun Gun Heryanto, M. Si
  • Penerbit: IRCISOD
  • Tebal: 458 hlm
  • Tahun: 2019
Kontak pemesanan di IYIG Bookstore:
IYIG Bookstore
Latest posts by IYIG Bookstore (see all)